Tips Karir

10 Pertanyaan  Interview Digital Marketing dan Jawabannya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Digital Marketing telah menjadi bagian dari bisnis online selama beberapa tahun ke belakang. Bidang Digital Marketing termasuk bidang yang cukup luas. Untuk memastikan kamu benar-benar siap untuk wawancara di posisi ini, kami telah merangkum mengenai beberapa pertanyaan yang kerap ditanyakan perekrut kepada kandidat. Pelajari 10 pertanyaan  interview digital marketing berikut untuk mendapatkan peran ini.

Pertanyaan Interview Digital Marketing

Apa saja pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara untuk posisi Digital Marketing? Simak 10 pertanyaan  interview digital marketing berikut ini!

1. Mengapa Anda Tertarik Berkarir di Digital Marketing?

Ketertarikan di bidang yang dilamar kerap menjadi 1 dari 10 pertanyaan  interview digital marketing. Ungkapkan alasan ketertarikan kamu dan tantangan yang ingin dihadapi. 

Digital Marketing memiliki cakupan yang besar pada masa mendatang. Saya tertarik karena bidang ini memberi kesempatan untuk menjelajahi marketing dan teknologi.

2. Menurut Anda, Apa Alat Digital Marketing yang Paling Efektif?

Ada banyak tools Digital Marketing di antaranya Keyword Planner, Search Console, dan Google Analytics. Pertanyaan ini diajukan untuk kemahiran kandidat mengenai alat pemasaran digital yang digunakan oleh para profesional industri.

Selama lima tahun saya telah menggunakan HubSpot. Ini membantu saya dalam kampanye media sosial, SEO, blogging, email marketing, landing page, CTA, analitik dan otomatisasi pemasaran.”

Read :  Jaminan Hari Tua (JHT) Jadi Masalah, Bagaimana Isi dan Dampaknya?

3. Bagaimana Langkah Anda untuk Meningkatkan Traffic di Situs Web Kami?

Pertanyaan ini kerap masuk dalam 10 pertanyaan  interview digital marketing. Saat ini perusahaan merekrut Digital Marketing untuk meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna yang mengarah pada peningkatan tingkat konversi.

Strategi meningkatkan traffic website dapat dilakukan melalui optimalisasi peringkat halaman situs. Peringkat halaman yang lebih baik bisa didapatkan dari penggunaan kata kunci dalam konten, headlines, meta tag, judul website, dan di URL website.

4. Apa Alat Analisis Keyword yang Anda Kuasai?

Ini adalah pertanyaan lanjutan yang membantu recruiter mengetahui pengetahuan dan keahlian kandidat. Banyak perusahaan menyertakan pertanyaan ini karena menginginkan kandidat yang berpengalaman.

Alat analisis kata kunci diklasifikasikan menjadi 2 jenis berdasarkan biaya, yaitu gratis dan berbayar. Tools Keyword Planner gratis yang saya gunakan adalah Google Autosuggest, Google Trends, dan Search Console. Sementara tools keyword berbayar yang saya kuasai adalah Ahrefs dan SEMRush.”

5. Bagaimana Cara Membangun Tautan dalam Digital Marketing?

Tautan dibangun melalui anchor tags dalam dokumen HTML. Jika situs web memiliki konten yang bagus, platform lainnya dapat memberikan backlinks ke situs yang lebih baru. Postingan artikel, postingan blog tamu, posting forum, dan local listing adalah metode lain untuk membangun tautan.”

6. Bagaimana Anda Membuat PPC Lebih Efektif?

Pay per Click (PPC) adalah model pemasaran digital di mana pengiklan membayar biaya setiap kali ada yang mengklik iklan mereka. Bagaimana menjawab 10 pertanyaan  interview digital marketing yang satu ini?

Untuk mengefektifkan PPC, saya akan berfokus pada pengoptimalan penggunaan kata kunci, grup iklan, pengurangan biaya, peningkatan skor kualitas, dan penambahan negative keywords.

Read :  Tips Interview Yang Perlu Kamu Siapkan Sebagai Fresh Graduate

7. Ceritakan tentang Kampanye PPC yang Sukses Anda Jalankan!

Berikan jawaban yang memberikan beberapa wawasan tentang kampanye PPC yang dikelola dan pendekatan yang digunakan. Kandidat yang cerdas harus mampu mengartikulasikan masalah dan solusi yang dilakukannya. 

Strategi yang saya gunakan dalam kampanye PPC adalah taktik scarcity seperti yang dilakukan Amazon. Dengan mengkombinasikan kepercayaan konsumen saya berhasil meningkatkan konversi sebesar hampir 15%. Tentu kepercayaan konsumen tidak terbangun begitu saja. Saya harus rutin menerbitkan konten yang menarik yang relevan dengan kata kunci atau kueri penelusuran.

8. Mengapa SMO Penting untuk Bisnis?

Perusahaan menyadari Social Media Optimization (SMO) penting bagi bisnis mereka. Namun mereka ingin kandidat meyakinkan mereka dengan hal itu.

“Saya pikir SMO sangat penting untuk bisnis, terutama di era digital seperti sekarang. Dengan strategi SMO yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan brand-awareness, traffic, dan peringkat halaman yang lebih baik. SMO juga memudahkan perusahaan untuk menargetkan audiens secara khusus untuk menjangkau konversi yang lebih tinggi.”

9. Bagaimana Anda Tetap Update dengan Perkembangan Digital Marketing?

Digital marketing selalu dinamis. Oleh karena itu, perusahaan menginginkan kandidat kompeten yang selalu mengikuti tren dan arah pemasaran terkini.

Saya selalu berusaha update tentang praktik terbaik digital marketing terkini dengan rutin membaca blog. Beberapa blog yang saya rutin kunjungi adalah Search Engine Journal, Search Engine Land, Social Media Examiner, Backlinko, dan Neil Patel.

10. Mengapa Kami Harus Memilih Anda?

Rahasia menjawab 10 pertanyaan  interview digital marketing yang satu ini dengan menjelaskan bagaimana kamu akan memberi kontribusi bagi perusahaan.

Saya yakin bahwa pengalaman saya sebagai Digital Marketing selama 5 tahun, saya dapat memberi kontribusi positif bagi perusahaan. Khususnya mengoptimalkan konten informatif dan mengotomatiskan pemasaran perusahaan untuk membantu perusahaan menghasilkan prospek yang lebih besar.

Ingin Dapat Panggilan Interview?

Dengan mempelajari 10 pertanyaan  interview digital marketing di atas, kamu dapat melalui wawancara yang berkesan. Sudah siap interview? atau justru kamu belum ada panggilan interview? 

Ikuti Karir Techno Fair sebagai #LangkahAwalKarir untuk dapatkan pekerjaan yang cocok denganmu. Di sana kamu berkesempatan mendapat pembekalan dunia kerja dalam bentuk One Day Workshop secara gratis. Tunggu apalagi, daftarkan dirimu sekarang juga di sini!

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.