Apa Itu Headhunter & Apa Saja Ciri Headhunter yang Bisa Dipercaya?

img-blog-headhunter_yg_dipercaya-1620x1074

Apa itu headhunter? Headhunter adalah para rekruter yang mencarikan kandidat bagi perusahaan-perusahaan untuk mengisi posisi-posisi kunci yang lowong di perusahaan tersebut.

Headhunter bekerja dengan sistem komisi. Untuk mencarikan eksekutif level senior, umumnya komisinya sebesar 23%-30% dari gaji setahun kandidat yang berhasil direkrut. Misal gajinya Rp 100.000.000 per tahun, maka komisi yang diterima sekitar Rp 23.000.000 hingga Rp 30.000.000.

Yang membayar komisi adalah perusahaan, bukan kandidat. Jika Anda adalah seorang kandidat yang direkrut atau dibantu oleh seorang headhunter, Anda tidak perlu membayar apa-apa kepada headhunter tersebut.

Bagaimana ciri headhunter yang bona fide?

Kalau sampai ada perusahaan headhunter yang memungut biaya dari Anda, Anda patut mencurigai kredibilitas perusahaan tersebut. Karena regulasi layanan rekrutmen bagi korporasi di Indonesia belum paten (bahkan bisa dibilang nyaris tidak ada), perusahaan headhunter yang (maaf) abal-abal pun cukup menjamur di Indonesia.

Headhunter yang baik dapat menjadi pelatih atau penasihat karir Anda, dan bisa membantu Anda mengembangkan karir ke level berikutnya. Tidak salah sama sekali jika Anda ingin membangun relasi dengan para headhunter dari awal Anda mulai berkarir. Dengan menjalin hubungan baik dengan mereka, Anda bisa mendapatkan informasi terkini soal besaran gaji profesional di Indonesia.

Berikut langkah-langkah menilai apakah sebuah perusahaan headhunter baik atau tidak:

  1. Kenali nama dan sejarah perusahaannya. Jangan menerima tawaran jika perusahaan tersebut baru berdiri dan tidak jelas afiliasinya atau profil perusahaannya.
  2. Headhunter tidak akan meminta komisi dari kandidat. Jika head hunter meminta komisi dari Anda, jauhi saja. Logika berpikir dari poin ini adalah: jika ia mendapatkan komisi dari kandidat, bagaimana ia akan dengan obyektif memberikan assessment atau penilaian tentang kandidat?
  3. Uji pengetahuan headhunter yang menghubungi Anda. Headhunter yang baik harusnya menguasai industri yang menjadi pilihan karir Anda saat ini. Jika ia terdengar atau terlihat tidak memahami industri Anda, anggap saja dia bukan dari perusahaan yang bagus. Sebagai contoh, jika saat ini Anda sedang berkarir di bank, headhunter yang baik seharusnya mengerti dan paham soal industri perbankan di Indonesia.

Apa saja nama perusahaan headhunter yang punya reputasi bagus?

Beberapa perusahaan headhunter yang sudah memiliki reputasi bagus di antaranya:

  1. Bo Le Associates: Mengerjakan executive search, pencarian kandidat level atas
  2. BRecruit Indonesia: Mengerjakan semua level, umumnya level menengah
  3. Kelly Services: Mengerjakan semua level dan bahkan outsourcing
  4. JAC: Perusahaan Jepang, kebanyakan klien adalah perusahaan Jepang
  5. Recruit: Terbesar di Jepang, kebanyakan kliennya perusahaan Jepang
  6. Robert Walters: Belum lama di Indonesia, namun cukup memiliki reputasi internasional yang baik
  7. Amrop Hever International: Hanya mengerjakan level atas
  8. Boyden International: Hanya mengerjakan level atas
  9. Egon Zehnder: Hanya level CEO

Perusahaan headhunter lokal yang bagus di antaranya: Rimbun, Jakarta Consulting Group, Experd, dan lain-lain.

Apa saja industri yang sedang menggeliat?

Tiga tahun terakhir, industri perbankan termasuk agresif melakukan ekspansi usaha, sehingga terjadi “talent war” di industri ini. Akibatnya, banyak profesional perbankan yang gajinya mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Di FMCG (fast-moving consumer goods), posisi Sales and Marketing banyak mengalami “pemekaran.” Karena banyaknya pemekaran daerah baru, diperlukan penempatan posisi-posisi strategis pula di tiap daerah. Sebagai contoh: Pontianak. Dulu mungkin satu orang Area Sales Executive saja sudah cukup dan mampu menangani kota tersebut. Karena perkembangan kota ini luar biasa, sekarang harus dipimpin oleh seorang Area Sales Manager.

Transformasi fungsi Marketing misalnya; 15 tahun yang lalu fungsi Marketing hanya basic saja, seperti product manager dan event. Sekarang ada digital marketing manager, SEO manager, social media manager, dan lain-lain.

Selain Sales dan Marketing, Logistik juga posisi yang “seksi” dan banyak dicari. Akhir-akhir ini fungsi HR juga menjadi salah satu yang dianggap “seksi” karena banyak bertransformasi menjadi business partner bagi perusahaan.

Binalah hubungan baik dengan headhunter dari awal Anda berkarir. Selain bisa mendapatkan update kondisi di pasar, Anda pun bisa bertanya apakah gaji Anda saat ini sudah layak atau belum. Jika suplai talenta atau kandidat lebih sedikit dari permintaan perusahaan, sudah barang tentu gaji menjadi lebih kompetitif.

13 thoughts on “Apa Itu Headhunter & Apa Saja Ciri Headhunter yang Bisa Dipercaya?

  1. Hendra says:

    Saat ini bertabur Head Hunter di sos med, dan rata-rata dari mereka lulusan dr fakultas psikologi dan kadang baru lulus kuliah, bagaimana mungkin mereka para head hunter bisa menjadi konsultan karir di posisi tertentu semisal sales kalau mereka sendiri belum pernah menjadi sales. Karena dunia sales sendiri saat ini luas dan komplek dan berbagai macam tipe salesman.

    Like

  2. Dino Martin says:

    You are right Hendra. I agree with you!!! When I hired fresh grads from Psychology school, they are hired for researcher, and not yet consultant. It would be wrong to hire them as consultant. But can they become a good career consultant for sales people? Yes, they can… after a few years in the role as researcher, they would be able to identify what makes the most successful sales person.

    Thank you for your comment! I wish you a great career.

    Liked by 1 person

    1. Dewanto (Denis) says:

      Hi Dino. Excellent topic you covered there. I do find it really hard finding headhunter who take on non-managerial level. By all means could you suggest us any good headhunter for non-managerial level? My background is in banking. If karir.com offers the service i needed, i would love to talk to your one of your team member.

      Cheers,
      Denis

      Like

  3. Iqbal says:

    If these headhunters are true, this should be a breakthrough for job seekers. Yet, why do outsourcing still exists? In my experience, those outsourcing companies are blood suckers.

    Like

  4. Andreas G says:

    Kalau saya melihatnya sebagai kesempatan saja, walaupun Head Hunter kecil dan baru buka kalau dia punya klien cukup banyak dan bagus untuk ditawarkan saya akan tetap menanggapi, jaman sekarang banyak sekali yang beralih bisnis ke Head Hunter, jadi sebenarnya tidak ada salahnya kalau kita ditawari sama head hunter kecil maupun baru kita tanggapi selama kita memang mencari pekerjaan baru. yang perlu diperhatikan adalah tawarannya / perusahaan klien nya itu yang perlu kita ketahui.

    Like

  5. Denis says:

    Quite informative. I thumb your very excellent review. It is a pity in the other hand where youth (Bachelors) are searching jobs where I ever gotten a respond from headhunters that “I don’t work on your level due to low salary”, that’s like ‘what? Are you serious?’ that’s the truth and is happening. Workforce are filled with job seekers where parents send their kids thousand miles from home expecting them to work for top notch company but yet competition is tight and getting crazier day in day out. Global economy plays the role as well. I just wish there are much more entry-level headhunter though salary are low.

    Like

  6. Fahrani says:

    Saya coba buka situs Robert Walters namun hampir semua job postings companynya dirahasiakan. Bagaimana kita bisa tahu bahwa company nya well trusted dan tidak bermasalah? apakah kita dapat mengetahui profile company nya setelah melakukan seleksi?

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.