img-blog-lengkapi_resume-1620x1074
Melengkapi resume online. (Karir.com/Cindy Nara)

Saat ini ada 39.000 perusahaan dalam database Karir.com. Satu langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk menarik minat perusahaan adalah dengan melengkapi resume online di Karir.com.

Banyak Pencari Karir yang datang ke Karir.com Expo mengira bahwa mengisi resume di Karir.com hanya diperlukan dan bisa dilakukan saat Expo saja. Faktanya, melengkapi resume di Karir.com bisa dilakukan kapan dan di mana saja, dan manfaatnya tidak hanya dirasakan saat Expo namun seterusnya.

Karir.com Expo adalah bursa lowongan ajang pertemuan Pencari Karir dan Perusahaan. Perusahaan memamerkan profil dan lowongannya di booth, juga melakukan wawancara di tempat. Pencari Karir diharapkan dapat menggali informasi lebih dalam, seperti fasilitas, benefit, kultur perusahaan dan lain-lain.

Yang perlu kamu ketahui, selain mengunggah lowongan, Perusahaan juga bisa melihat resumemu kapan saja. Kamu tidak pernah tahu kapan Perusahaan membutuhkan talenta sepertimu, jadi segera lengkapi resumemu dan rajinlah meng-update.

Yang sebaiknya kamu lengkapi setelah mendaftar di Karir.com adalah kolom-kolom berikut:

  • Personal Data
  • Education
  • Work Experience

Kolom-kolom ini penting untuk diisi secara lengkap. Berikut 8 alasan mengapa kamu perlu melengkapi resumemu di Karir.com:

  1. HRD Menginginkan Informasi yang Lengkap
    Saat kamu melamar lowongan di Karir.com, Perusahaan akan menerima notifikasi dan bisa melihat dan mengunduh Halaman Profilmu. Saat melihat Halaman Profil inilah pihak HRD berharap dapat melihat informasi selengkap mungkin tentang calon karyawannya.
  2. HRD Bisa Mencari & Melihat Resumemu Kapan Saja
    Kamu tidak pernah tahu kapan HRD akan mencari talenta sepertimu. Setelah menemukan resumemu, kalau ternyata cocok dengan yang mereka cari, kamu bisa dihubungi kapan saja. Jadi jangan lupa mencantumkan nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif.
  3. Resume Menggambarkan Karakter
    Dari sebuah resume, yaitu sebelum HRD bertemu secara tatap muka dengan pelamar, HRD sudah dapat memprediksi atau membayangkan karakter si pelamar. Sebuah resume yang lengkap dan rapi menggambarkan pribadi yang antusias dan teratur. Sebaliknya, resume yang tidak lengkap dan asal-asalan menggambarkan pribadi yang malas dan tidak teratur.
  4. Bahasa & Foto Menggambarkan Selera
    Jika kamu pandai menulis tentunya akan menjadi nilai lebih, karena dengan kata-kata dan kalimat yang tepat dan kuat, semakin kuat pula kamu menggambarkan karaktermu. Begitu juga dengan foto. Saat ini sudah bukan eranya lagi memajang foto KTP di resume. Foto yang profesional tidak harus boring; kamu bisa bereksperimen dengan menunjukkan sisi fun dan kreatif namun tetap terlihat profesional.
  5. Menerima Informasi Lowongan melalui Email
    Engine atau mesin situs Karir.com yang baru didisain untuk mengenali lowongan seperti apa yang kamu inginkan. Mesin hanya bisa membaca preferensi atau ketertarikanmu hanya jika kamu mengisi kolom Personal Data, Education dan Work Experience dengan lengkap.
  6. Meningkatkan Personal Branding
    Selain keempat alasan di atas, misi terbesar dari resume online di Karir.com adalah personal branding. Dengan sebuah resume yang kuat dan berkarakter, namun jujur dan mudah dipahami, Pencari Karir diharapkan dapat membangun personal branding, bukan hanya demi pekerjaan yang sedang akan dilamar, namun juga untuk karir ke depannya.
  7. Dilirik Head Hunter atau Perusahaan Lain
    Dengan personal branding yang kuat, bukan tidak mungkin kamu dilirik oleh seorang head hunter atau HRD Perusahaan lain. Mulailah membangun personal branding sedini mungkin, bahkan saat kamu baru memulai langkah berkarirmu.
  8. Tidak Mengantri Saat Karir.com Expo
    Jika kamu sudah melengkapi resume sebelum datang ke Karir.com Expo, kamu tidak perlu mengantri lama dan bisa langsung masuk ke area booth untuk melamar atau wawancara. Dengan begitu, kamu selangkah lebih maju ketimbang ribuan kandidat lain, dan siapa tahu memberimu kesempatan dan keberuntungan.

Nah, karena delapan alasan inilah sebaiknya kamu melengkapi kolom Personal Data, Education dan Work Experience di situs Karir.com.

Karir.com Expo di beberapa kota bahkan memberimu diskon biaya pendaftaran kalau kamu sudah mengisi resume dengan lengkap saat datang ke meja pendaftaran. Semoga beruntung!

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

5 replies on “Yuk! Lengkapi Resume Biar Dilirik HRD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s