DSC_1892
Dua orang peserta MT Academy Career Day di Auditorium Sumardi Sastrakusumah Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin (24/8/2015). (Karir.com/Cindy Nara)

Intan, salah seorang peserta program MT Academy Career Day di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) 24 Agustus lalu, mengatakan, “Saya deg-degan setiap habis satu sesi; habis ini apa ya, saya bisa gak ya? Saya merasa tertantang dengan setiap sesinya, terutama FGD (Focus Group Discussion), karena membuat saya harus berpikir kritis supaya lebih unggul dari teman-teman yang lain. Ini pengalaman menarik buat saya.”

Kandidat (atau Academian) lain, Dimas Adiputra, mengaku, “Tidak semua punya kesempatan untuk diwawancarai oleh Karir.com seperti ini. Tantangan terberat adalah waktu FGD; bagaimana kita bisa mengembangkan dinamika kelompok dalam diskusi tersebut.”

Hal senada diungkapkan oleh Leli Trijayanti dari Fakultas Ekologi Manusia, “Rangkaian acara ini benar-benar mengedukasi dan mengajarkan banyak. Tantangannya; saingannya banyak banget dan semua punya skill yang bagus, IPK-nya tinggi semua, dan saya harus bersaing melawan mereka dengan kelebihan yang saya miliki.”

Saat ditanya optimis lolos MT Academy atau tidak, ketiganya menyatakan optimis.

MT Academy adalah program Karir.com untuk menjaring talenta-talenta terbaik di universitas-universitas unggulan di Indonesia. Sebelum di IPB, MT Academy telah dilangsungkan di University of Melbourne bulan Mei lalu, dan berhasil menjaring delapan Academian yang lolos dengan sangat baik dalam setiap sesinya.

Adapun MT Academy di IPB yang lalu dibagi dalam empat sesi, yaitu Tes EFSET, Tes Aptitude, Wawancara, FGD dan Tes Case Study. Untuk dapat mengikuti tes ini, peserta harus memiliki IPK minimal 3,0.

Untuk menjawab kebutuhan perusahaan dan organisasi akan kebutuhan calon staf yang mampu berbahasa Inggris, Karir.com bekerja sama dengan English First (EF) menambahkan widget EFSET di situs Karir.com, yang memampukan calon pelamar mengetes kemampuan Bahasa Inggrisnya dengan alat tes kompetensi Bahasa Inggris standar internasional.

Setelah menyelesaikan tes selama 15 menit secara online, hasil tes akan tampil di halaman profil Pencari Karir di Karir.com, sehingga Perusahaan atau HRD bisa melihat hasil tes tersebut dengan membuka halaman profil pelamar dan menjadi pertimbangan saat proses rekrutmen.

Tes ini menganalisis kemampuan berbahasa Inggris Pencari Karir dalam tiga level: basic, medium, high. Tes terdiri dari satu sesi kemampuan membaca (reading) dan satu sesi kemampuan mendengarkan (listening). Total ada 10-15 pertanyaan.

Director of Business Development Karir.com, Rosy Mentang, menyatakan bahwa EFSET dipilih karena sudah terpercaya secara internasional dan bisa disandingkan dengan TOEFL dan IELTS. “Yang membuat daftar pertanyaan EFSET sama dengan yang membuat daftar pertanyaan TOEFL,” jelas Rosy.

Aptitude adalah sebuah tes personality untuk menggali minat karir dan gaya komunikasi, hasil kerja sama Karir.com dan Lembaga Psikologi Universitas Atma Jaya.

Setelah sesi ketiga, yaitu wawancara untuk menggali kompetensi, Karir.com mengumumkan 28 orang Academian yang lolos ke sesi FGD. Dalam sesi ini, seluruh Academian yang lolos dibagi dalam tiga kelompok, dan masing-masing kelompok dipapari satu isu untuk diperdebatkan.

Rosy menyatakan bahwa program MT Academy oleh Karir.com ini bertujuan untuk menyederhanakan proses rekrutmen dari kampus ke kampus bagi HR, juga untuk meringankan beban kampus sehingga tidak perlu berkali-kali dikunjungi oleh perusahaan.

Seluruh rangkaian acara yang diikuti oleh 108 orang mahasiswa tingkat akhir IPB—yang berhasil lolos seleksi IPK dari 320 orang yang mendaftar—ini berlangsung dari pukul 9.00 hingga 16.00 WIB. Nama Academian yang lolos dan direkomendasikan Karir.com ke perusahaan-perusahaan bergengsi akan diumumkan bulan September 2015.

MT Academy berikutnya akan dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) di bulan yang sama.

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s