Kalau sudah menguasai teori grammar yang benar, lalu bagaimana caranya supaya lancar ngomong Bahasa Inggris? Terutama jika diperlukan saat wawancara, ingin sekali bisa cas-cis-cus seperti di film-film.

Berikut beberapa tips sederhana supaya bisa lancar berbicara dalam Bahasa Inggris:

Praktekkan dalam Keseharian

Cara paling mudah yang tidak menuntut waktu adalah dengan mempraktekkan Bahasa Inggris dalam keseharian. Misal tiap bangun tidur kita berdoa dalam Bahasa Indonesia, mulailah berdoa dalam Bahasa Inggris. Tidak ada yang akan mengejek, jadi pede saja. Meski awalnya hanya bisa pelan-pelan karena harus berpikir lama, teruskan saja. Kalau setiap hari kita praktekkan, lama-lama kita akan lancar berdoa dalam Bahasa Inggris. Contoh lain misal saat sedang mandi, berpura-puralah sedang presentasi dalam Bahasa Inggris, membawakan sebuah topik. Tidak ada yang mendengarkan, jadi pede saja. Pilih topik yang sama sampai kamu lancar membawakan topik itu, baru cari topik lainnya.

Berpikir dalam Bahasa Inggris

Kadang kita berpikir atau berbicara dalam hati. Kalau biasanya kita berpikir dan berbicara dalam hati dengan Bahasa Indonesia, mulailah berpikir dalam Bahasa Inggris. Ini untuk memasukkan Bahasa Inggris dalam alam bawah sadar kita, supaya nantinya saat ingin berbicara dalam Bahasa Inggris, kita tidak perlu berpikir dalam Bahasa Indonesia dulu lalu melalui proses menerjemahkan di kepala. Supaya lancar berbicara Bahasa Inggris, kita perlu memotong proses menerjemahkan; berpikir dan berbicara di saat yang bersamaan, seolah Bahasa Inggris adalah Bahasa Ibu.

Reflek Gunakan Bahasa Inggris

Saat terkejut, kadang kita secara reflek mengatakan sesuatu, misal ‘astaga’ atau ‘ya ampun.” Mulailah terkejut dalam Bahasa Inggris, misal dengan mengatakan ‘oh my God.’ Atau misal saat sedang bersyukur, ubah ‘terima kasih, Tuhan’ menjadi ‘thank you, God.’ Tapi ingat, pelafalan harus benar. Untuk mengecek benar atau tidak, kamu bisa melihat phonetic transcription di Oxford English Dictionary.

Cari Lawan Bicara

Ajak teman atau anggota keluarga untuk ngobrol dengan Bahasa Inggris. Practice makes perfect, jadi setiap ada kesempatan ngobrol dengan Bahasa Inggris, apalagi kalau bisa berbicara dengan native speaker, jangan sia-siakan kesempatan.

Membaca dengan Mengucapkan

Rajinlah membaca buku atau artikel Bahasa Inggris, tidak hanya dibaca dalam hati, namun diucapkan. Tidak perlu cepat, yang penting pelafalannya benar. Setiap ada kata yang kamu tidak tahu atau ragu bagaimana mengucapkannya, cek di kamus terlebih dahulu, lalu lanjutkan membaca. Seiring berjalannya waktu, jika kamu mempraktekkan ini setiap hari, lama-lama kamu akan bisa membaca dengan semakin cepat dan tetap benar. Baca minimal tiga artikel sehari untuk hasil yang maksimal.

Selamat berlatih!

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

One thought on “Tips Lancar Ngomong Inggris Kaya di Film-film

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s