19 Mahasiswa UGM Lolos LGD

Sebanyak 19 mahasiswa UGM berprestasi lolos LGD (Leaderless Group Discussion) dalam seleksi MT Academy 4 Desember lalu dan berhak mengikuti Case Study Test yang merupakan tes tahap akhir.

Ke-19 mahasiswa tingkat akhir atau lulusan baru Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut dipasangkan berdua-dua untuk mempresentasikan studi kasus yang telah dibagikan hari sebelumnya. Untuk membuktikan kemampuan komunikasi sekaligus Bahasa Inggris, presentasi dan tanya-jawab pun dilakukan dalam Bahasa Inggris.

MT Academy “Career Day” ini adalah persembahan Karir.com dan Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM, menghadirkan 19 perusahaan sebagai penerima rekomendasi nama-nama mahasiswa lolos MT Academy atau yang kami sebut “Academian.”

Pada tahap pendaftaran, ada 252 peserta yang mendaftar secara online melalui situs Karir.com. Sebanyak 174 peserta tersaring dari berbagai jurusan berdasarkan IPK, dan 71 peserta terpilih mengikuti serangkaian tes dalam “Career Day.”

Hari pertama, tes yang harus mereka jalani adalah: 1) tes Bahasa Inggris online hasil kerja sama Karir.com dan EF, yaitu EFSET, 2) tes minat dan gaya komunikasi dengan Bahasa Inggris, hasil kerja sama Karir.com dan Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya, yaitu Aptitude Test, 3) wawancara, dan 4) Leaderless Group Discussion (LGD).

Dari 71 peserta, 36 orang dinyatakan lolos tahap wawancara dan berhak mengikuti sesi LGD, yaitu dibagi ke dalam empat kelompok, dan setiap kelompok diberi sebuah topik sebagai bahan diskusi. Mereka wajib mendapatkan solusi atau kesepakatan bersama dalam waktu 45 menit beserta alasannya.

Terlihat antusiasme peserta dari awal tes berlangsung, terlebih saat mereka mendapatkan kesempatan tanya-jawab dengan CEO Karir.com Dino Martin secara tatap muka di sela-sela waktu menunggu giliran tes. Mereka pun memanfaatkan waktu langka tersebut untuk mendapatkan informasi seputar standar gaji dan lowongan kerja potensial di perusahaan nasional dan multinasional.

Keesokan harinya, 19 orang mengikuti sesi Case Study Test. Pengumuman nama yang lolos tes tahap ini akan segera diinformasikan dalam beberapa waktu ke depan.

Semua nama yang lolos hingga tahap wawancara akan direkomendasikan ke 19 perusahaan yang bergabung dengan MT Academy, namun dengan catatan prioritas yang berbeda-beda. “Rekomendasi terbaik akan kami berikan kepada yang lolos Case Study Test tentunya. Prioritas kedua adalah yang lolos LGD, yang ketiga untuk yang lolos wawancara. Mana yang dipilih ya kami serahkan kepada perusahaan,” jelas Director of Business Development Karir.com Rosy Mentang.

Setelah Jogja, MT Academy “Career Day” akan hadir di Depok, yakni di Universitas Indonesia. Sampai jumpa di MT Academy berikutnya!

Lihat daftar perusahaan

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s