Tampil Cantik & Percaya Diri di Kantor

Bagi perempuan, sangat penting untuk merasa cantik dari dalam. Sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika seorang perempuan merasa cantik dari dalam (inner beauty) akan merasa lebih percaya diri. Seberat apapun tantangan di kantor, jika Anda percaya diri dapat menyelesaikannya, pasti selesai. Tentunya dengan diimbangi pengetahuan dan pengalaman, atau keinginan yang besar untuk belajar.

Sebaliknya, jika Anda tidak menerima diri apa adanya, selalu merasa kurang, rasa percaya diri pun berkurang, dan hal ini bisa saja mempengaruhi kinerja Anda.

Tampil cantik dan percaya diri di kantor bukan berarti harus tampil layaknya model catwalk yang berkulit terang, berhidung mancung dan berperawakan tinggi dan langsing. Cantik dan percaya diri adalah bagaimana Anda menerima diri apa adanya dan menyadari bahwa setiap individu adalah unik. Dengan kata lain, tidak ada orang lain di dunia ini yang mirip dengan Anda 100%.

Menerima diri sendiri tentunya menerima satu paket kelebihan dan kekurangan Anda. Sebelum berbicara makeup dan pakaian, akan lebih baik jika Anda menyadari kelebihan dan kekurangan. Kelebihan sebaiknya Anda gunakan dalam koridor yang positif, dan kekurangan sebaiknya diterima sebagai bagian dari keunikan Anda. Jika ada kekurangan yang dirasa perlu diperbaiki, perbaikilah. Apa parameter kekurangan yang perlu diperbaiki? Yang paling sederhana; jika kekurangan itu cukup mengganggu kinerja atau kehidupan sehari-hari Anda, misal membuat Anda menjadi tidak produktif, maka kekurangan itu perlu diubah, atau minimal dikurangi.

Dengan menerima segala kekurangan dan kelebihan, Anda pun akan mampu memaksimalkan potensi dari dalam dan berkarya secara produktif, mendayagunakan diri bagi diri sendiri dan orang lain.

Nah, selanjutnya, bagaimana tampil cantik dan percaya diri dengan memperhatikan makeup dan apa yang kita kenakan? Baca langkah-langkah berias berikut yang dibagikan saat kelas kecantikan Karir.com bersama L’Oreal Indonesia beberapa waktu lalu:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengaplikasikan makeup adalah membersihkan wajah dengan air dan sabun muka atau penyegar dari produk yang biasa Anda gunakan.
  2. Gunakan pelembab dan bedak padat yang sesuai dengan warna kulit. Biasanya bedak padat lebih tahan lama dibandingkan dengan bedak tabur. Pastikan pemakaian bedak dilakukan secara merata dan menyeluruh di wajah Anda.
  3. Percantik area mata, di antaranya dengan mengaplikasikan Ini sangat penting untuk memberikan kesan mata yang segar. Agar tidak terlihat berlebihan atau menor, gunakan eyeshadow warna halus seperti peach, merah muda, atau coklat muda. Tambahkan gradasi dengan warna emas sebagai pemanis. Tidak lupa juga kenakan eyeliner pada bagian bingkai mata dan oleskan maskara di bulu mata.
  4. Setelah area mata selesai, Anda dapat mempercantik alis dengan membentuknya menggunakan pensil alis sesuai bentuk alis yang sudah ada. Anda dapat memilih warna hitam atau cokelat yang Anda sukai. Tidak lupa gunakan sikat alis untuk merapikannya.
  5. Gunakan blush-on. Penggunaan blush-on sebaiknya secukupnya saja. Pilih warna blush-on yang alami, seperti warna peach atau merah muda.
  6. Agar tidak terlihat pucat, Anda dapat hiasi bibir dengan lipstick, dan pemilihan warna usahakan yang alami. Untuk lipstick dengan warna yang terang kurang sesuai jika dipakai di lingkungan kantor karena terlihat berlebihan atau menor.
  7. Usahakan tata rambut terlebih dahulu sebelum mulai bekerja. Anda bisa gunakan penjepit rambut untuk menjepit bagian samping kanan dan kiri agar rambut terlihat rapi.
  8. Yang terakhir; gunakan pakaian yang rapi namun tetap terlihat modis. Pemilihan warna pakaian juga harus diperhatikan. Mungkin bisa saja Anda mengikuti model busana yang saat ini sedang tren atau populer, tetapi tetap harus disesuaikan dengan situasi dan lingkungan kantor.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda tampil cantik dan percaya diri di kantor. Selamat mencoba, cantik!

Kontributor: Emai Khumairoh

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s