Gosip Kantor, Bagaimana Menyikapinya

Bagaimana menyikapi budaya gosip di kantor? Ingin bersosialisasi tapi merasa tidak ada manfaatnya mendengarkan gosip?

Sebagai makhluk sosial, terutama budaya timur, kita memang dituntut untuk selalu bersosialisasi. Sedari sejak di bangku sekolah pun kita diajarkan untuk menjadi makhluk sosial.

Di lingkungan kantor, jenis komunikasi yang mungkin terjadi pun beragam; ada yang mengangkat topik pembicaraan yang positif dan membangun, namun tak jarang pula topik yang diangkat bersifat negatif atau menjatuhkan orang lain, atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘bergosip.’

Saat budaya bergosip terjadi di lingkungan kantor atau profesional, apa yang sebaiknya dilakukan? Bagaimana menyikapinya? Jawabannya tentu saja sikapi dengan profesional.

Bagaimana caranya?

  1. Dengarkan, tidak perlu menghindar
    Saat rekan di kantor menceritakan sesuatu tentang rekan yang lain, meski topiknya negatif, dengarkanlah… tidak perlu menghindar. Biasanya seseorang hanya butuh didengarkan atau istilah sehari-harinya butuh teman “curhat.”
  2. Memahami ketimbang menghakimi
    Dua orang yang mengalami kejadian yang sama bisa saja menceritakannya dengan cara yang berbeda. Jadi, ada baiknya dengarkan cerita versi yang lain juga ketimbang menghakimi yang lain.
  3. Berpikirlah secara obyektif
    Cerna secara obyektif apa yang kamu terima. Apa inti permasalahannya? Apakah ini sebuah masalah? Apakah hal ini perlu menyita perhatianmu atau tidak? Berpikirlah secara obyektif dan profesional.
  4. Tawarkan solusi
    Bersikaplah secara dewasa saat menghadapi gosip. Ketimbang terseret ke dalam budaya gosip atau turut membesar-besarkan masalah, lebih baik menawarkan solusi. Yang perlu diingat, jangan memaksakan solusi yang diberikan yah.
  5. Tetap produktif
    Jangan lupa tujuan awalmu bekerja. Hal-hal yang tidak perlu menyita perhatianmu harus dibuang jauh-jauh dan tetaplah produktif di kantor.
  6. Lakukan hal positif
    Nah, ketimbang bergosip, lebih baik melakukan hal-hal yang positif di kantor yang bisa memotivasimu lebih dan lebih. Niat yang baik jika dilakukan dengan cara yang baik pasti akan menghasilkan hal yang baik.
Editor: Cindy Nara
Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

One thought on “Gosip Kantor, Bagaimana Menyikapinya?

  1. Bagaimana cara menghadapi rekan kerja yang menuduh kita atau pekerjaan kita tidak benar. Padahal kita sudah bekerja dan melakukan hal yang terbaik yang kita bisa?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s