Yuk, Siapkan Karirmu Selagi Masih Kuliah

Mempersiapkan karir sedari kuliah ternyata penting. Apa yang dipejalari dan dilakukan semasa kuliah ternyata mempengaruhi masa berkarir seseorang, baik secara langsung atau tidak.

Meski terkadang saat akan masuk perguruan tinggi atau memilih jurusan belum terpikir apa yang akan dilakukan ketika berkarir, di semester tertentu sebagian besar orang akan menemukan apa yang ingin dilakukannya saat berkarir. Tentunya, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti passion, mata kuliah yang diterima, pengalaman berorganisasi, hingga faktor pergaulan dan tuntutan orang tua atau keluarga.

Apa saja yang bisa kamu lakukan saat masih kuliah untuk mendukung karirmu di masa yang akan datang? Simak ulasannya:

  1. Cari tau apa passion-mu
    Saat memilih perguruan tinggi atau jurusan, pastikan sesuai dengan passion atau minatmu. Jangan sampai kamu menggeluti dunia yang tidak kamu sukai. Meski begitu, hal ini terkadang juga dipengaruhi oleh aspek-aspek lain, seperti ekspektasi orang tua atau keluarga, kondisi keuangan, lokasi, dan lain sebagainya.
  2. Belajar dengan sungguh-sungguh
    Menjadi mahasiswa berarti sudah cukup dewasa dalam menentukan pilihan. Bertanggungjawablah atas pilihanmu dengan cara bersungguh-sungguh mendalami apa yang kamu terima. Apalagi kuliah sekarang tidak murah. Jadi, jangan sia-siakan hasil jerih payah orang tuamu. Jika berprestasi, bukan tidak mungkin kamu menerima beasiswa, baik dari kampus maupun organisasi lainnya.
  3. Bangun relasi
    Membangun relasi yang baik dengan teman satu jurusan atau satu kampus, atau dengan dosen, adalah hal yang tidak ada salahnya dilakukan. Kamu tidak pernah menduga kesempatan atau peluang apa yang mungkin bisa dibangun bersama, atau bagaimana kamu dan relasimu akan saling berkontribusi di kemudian hari.
  4. Aktif berorganisasi
    Selain jurusan yang kamu ambil, pilih satu atau dua organisasi yang sesuai dengan minatmu. Aktif di organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) akan mengasah keterampilan kepemimpinan atau leadership dan komunikasi, atau bahkan kemampuan bernegosiasi, mengatur keuangan, penguasaan software tertentu, dan lain-lain. Sebagian besar orang terlatih berpikir kritis dan terbuka.
  5. Perdalam keahlianmu
    Jika pada akhirnya kamu menemukan di bidang atau mata kuliah apa kamu merasa ahli atau bahkan berprestasi, perdalami bidang tersebut. Bukan tidak mungkin bidang atau mata kuliah itulah yang akan kamu geluti saat berkarir nanti.
  6. Atur waktu & pilih hal yang positif
    Aktif berorganisasi harus diimbangi dengan kemampuan mengatur waktu yang baik. Pintar-pintarlah mengatur waktu dan bijak memilih aktivitas, berani mengatakan tidak pada ajakan yang negatif dan selalu ingat bahwa tujuan utamamu ke kampus adalah kuliah.
  7. Pelajari bahasa asing
    Saat ini kemampuan berbahasa Inggris, minimal pasif, menjadi standar requirement hampir semua perusahaan, bahkan perusahaan lokal sekalipun. Pergunakan masa kuliah untuk mempelajari Bahasa Inggris, juga bahasa-bahasa asing lainnya jika memungkinkan dan menarik buatmu.
  8. Kerja keras & disiplin
    Ingatlah bahwa kesuksesan tidak dicapai dalam semalam. Sesuatu yang datang secara instan biasanya akan habis atau hilang secara instan pula. Tumbuhkan kebiasaan bekerja keras dan disiplin sedari kuliah supaya tidak kaget saat bekerja nanti.
Editor: Cindy Nara
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s