Sukses Mendapatkan Pekerjaan Dari Job Fair

Bursa kerja atau job fair seperti Karir Expo merupakan salah satu event yang ditunggu-tunggu oleh para fresh graduate atau career seekers setiap tahunnya. Dalam penyelenggaraan job fair, biasanya diikuti oleh berbagai macam perusahaan nasional dan multinasional bersaing untuk mendapatkan kandidat sesuai dengan yang diinginkan.

Para fresh graduate dan career seekers berlomba-lomba untuk memberikan performa yang terbaik untuk mendapatkan kesempatan di depan mata. Sayangnya, banyak diantara mereka yang sering gagal mendapatkan pekerjaan karena kurangnya persiapan dan banyak peserta yang datang dengan tangan kosong. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah di depan mata melayang begitu saja.

Buat kamu yang ingin mengikuti job fair, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk sukses mendapatkan pekerjaan dari event tersebut.

  • Bawa resume ter-update dan cetak lebih banyak
    Walaupun di jalam sekarang kebanyakan bursa kerja atau job fair memakai sistem online, tapi tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan resume ter-update dan cetak lebih banyak. Selain itu siapkan dokumen-dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi KTP, pas foto, fotokopi ijazah, sertifikat seminar dan lain-lain.
  • Riset perusahaan yang ingin dituju
    Sebelum mengikuti bursa kerja atau job fair, kamu harus lakukan riset ke perusahan apa saja yang tergabung di dalamnya, lowongan pekerjaan apa saja yang dibutuhkan tiap perusahaan, perusahaan apa yang ingin kamu lamar. Biasanya, kamu bisa menemukan informasi tersebut dari famplet, atau browsing di internet. Keutamaan riset yaitu kamu bisa berjaga-jaga apakah mengadakan walk interview atau tidak, jika mengadakan, kamu pun bisa mempersiapkan diri lebih baik dalam tes wawancara maupun tes tertulis.
  • Penampilan yang menarik
    Untuk menghadiri bursa kerja atau job fair sering kali perusahaan mengadakan walk interview atau interview di tempat. Untuk mengantisipasinya, kenakan busana yang sesuai, sopan, rapi dan menarik untuk menunjukan keprofesionalan kamu. Walaupun begitu, kamu juga harus memastikan pakaian yang digunakan nyaman, tidak ribet dan terganggu dengan penampilanmu sendiri.
  • Perlengkapan pendukung jangan lupa dibawa
    Untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan terjadi, baiknya siapkam perlengkapan pendukung seperti pulpen, flash disk, laptop, kertas, paper clip, amplop dan perlengkapan dokumen lainnya.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s