produktif kerja saat puasa 1

Tatkala kesempatan berpuasa dijadikan alasan berleha-leha, tidur saat bekerja, atau berlama-lama di tempat ibadah usai menunaikan sholat, badan dan pikiran menjadi tidak produktif, pekerjaan pun tertunda.

Berikut beberapa tips selama puasa agar tetap produktif di kantor:

  • Tumbuhkan niatProduktif di Bulan Ramadhan (2) - Niat_s

    Pertama yang harus ditekankan pada diri sendiri adalah niat ibadah, karena puasa merupakan ibadah wajib dalam agama Islam, dan bekerja pun merupakan ibadah. Jadi, bisa kamu pahami bahwa ibadah berpuasa yang dijalankan bersamaan dengan bekerja merupakan sebuah kegiatan yang mulia.

  • Mengatur pola tidurproduktif kerja saat puasa 3.jpg

    Selain niat beribadah, pola tidur juga menjadi satu hal yang penting yang harus dijaga. Mengapa? Selain puasa dan kamu harus bangun saat sahur, puasa tahun ini bertepatan dengan Euro Cup 2016. Jangan keasyikan begadang, yah. Kurangi aktivitas tidur larut malam yang membawa dampak negatif keesokan harinya, seperti badan cepat lelah dan konsentrasi berkurang.

  • Konsumsi vitaminproduktif kerja saat puasa 4

    Saat berpuasa, sebaiknya konsumsi vitamin. Mengkonsumsi vitamin baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan mengembalikan energi yang terpakai selama melaksanakan ibadah puasa. Perbanyak konsumsi vitamin B dan C. Vitamin B berfungsi sebagai antioksidan, sementara vitamin C untuk menjaga kebugaran tubuh. Kedua vitamin bisa ditemukan pada buah-buahan dan sayuran kaya serat, seperti jeruk, anggur, apel, bayam, wortel dan brokoli.

  • Sahur dan berbuka dengan gizi seimbangproduktif kerja saat puasa 2.jpg

    Umumnya perubahan pola makan saat puasa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit dan maag. Nah, inilah saat yang tepat untuk melatih pola makan sehat dan menjalani gaya hidup sehat. Sahur dan berbuka menjadi waktu makan yang terjadwal. Makanan saat sahur dan berbuka pun harus merupakan makanan yang sehat, bergizi dan kaya nutrisi. Jangan lupa air putih. Selain penting untuk mencegah dehidrasi, air putih juga dibutuhkan oleh organ-organ tubuh terutama untuk filtrasi tubuh, seperti ginjal dan hati.

  • Jangan menunda pekerjaanproduktif kerja saat puasa 5

    Jangan pernah menunda pekerjaan dengan berpikir bahwa tugas tersebut bisa dikerjakan keesokan harinya. Hal ini akan membebani pekerjaanmu hari berikutnya. Tentunya kamu tidak ingin lembur di bulan puasa, bukan? Lembur akan menyita waktu ibadah seperti tarawih, atau bahkan bisa membuatmu terlambat bangun saat sahur. Biasakan disiplin sedari sekarang.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s