Yuk Rancang Peta Karir Supaya Tidak Salah Passion.jpg

Mungkin diantara kamu atau mahasiswa/i yang baru lulus kuliah masih bingung mau memulai karirnya dari mana dan sebagai apa. Kini, dalam menentukan karir sangat penting halnya untuk menentukan masa depan kamu dan menjadikan kamu seseorang yang berhasil kelak.

Maka dari itu, penting untuk kamu mulai membuat rancangan dalam memetakan karir sesuai potensi yang ada di dalam dirimu agar tidak salah passion. Dalam membuat, menentukan, dan menyusun dalam pemetaan karirmu kelak, kamu harus mengetahui beberapa hal mengenai dirimu terlebih dahulu. Seperti :

  • Kenali dirimu terlebih dahulu
    Banyak orang yang belum maupun yang sudah memiliki pengalaman bekerja masih belum tahu apa karir yang tepat untuk mereka. Sebuah perjalanan tentu memerlukan tujuan atau target yang pastinya bertujuan untuk mengarahkan kamu agar tidak salah passion. Begitu pula dengan menentukan karir seseorang.
    Dalam menentukan karir masa depan, penting untuk mengenal diri atau selfassessment. Dalam langkah mengenali diri sendiri tentunya seseorang harus bisa menganalisa dirinya, mulai dari cara bersosialisasi ketertarikan, keterampilan, dan kepribadian.
  • Cari tahu keahlian dalam dirimu
    Cara menemukan karir yang cocok dan sesuai dengan passionmu, yaitu dengan cara mengetahui keahlian dari dalam dirimu. Mengetahui bakat sangatlah mudah, tentunya kamu tau apa yang paling kamu sukai dan fokus dengan hal tersebut. Misal, kamu suka sekali dengan menulis, fokus dan kembangkan terus keahlian menulismu. Kelak karirmu akan berkembang sesuai dengan keahlianmu sebagai penulis professional. Atau jika kamu suka dengan fotografi, asah terus keahlianmu dibidang tersebut yang nantinya akan membawamu menjadi fotografer professional.
  • Temukan minatmu
    Hal terpenting lainnya untuk menemukan karir agar tidak salah passion  yaitu menemukan minatmu. Caranya, kamu bisa mengikuti tes minat di karir.com. Tes minat ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan, jenis pekerjaan apa yang cocok yang sesuai dengan bakat serta minatmu.
    Tes minat yang ada di karir.com adalah tes yang dikembangkan oleh Layanan Psikologis Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya. Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasikan area minat dan ketertarikan kamu. Minat kadang tidak sejalan atau sesuai dengan latar belakang pendidikan atau pekerjaan orang. Maka tes minat ini berfungsi untuk mengetahui minat yang sebenarnya dan hasil dari tes ini bisa untuk mengaspirasi karir ke depan.
  • Tuliskan hambatan yang pernah dan sering kamu hadapi
    Tidak semua proses dapat berjalan dengan mulus. Menulis hambatan yang sering kamu hadapi menjadi salah satu cara yang bisa menentukan karirmu agar tidak salah passion. Dari menuliskan hambatan, kamu bisa belajar untuk mengantisipasi dan mencari solusi dari hambatan tersebut.
  • Siapkan target
    Dalam menentukan karir yang cocok, yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menyiapkan target. Siapkan target karirmu dalam beberapa waktu ke depan dan itu akan memotivasi dirimu sendiri untuk mencapainya. Misal : dalam waktu 3 tahun ke depan, kamu ingin menjadi editor di salah satu media dalam perusahaan besar di Indonesia. Hal ini akan memacu kamu untuk mengasah terus keahlian menulismu dalam mencapai target masa depan.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

One thought on “Yuk Rancang Peta Karir Supaya Tidak Salah Passion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s