Kerja lepas atau freelance memang memiliki kelebihan atau keuntungan yang menggiurkan, salah satunya adalah waktu bekerja yang sangat fleksibel. Namun, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan untuk bekerja secara lepas ini.

Nah, apa saja yang harus dipertimbangkan? Berikut ulasannya:

Sudah siap bekerja sampai larut malam?

work-at-night

Pertimbangkan terlebih dahulu, waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kamu. Apakah kamu sanggup menyelesaikan pekerjaan yang datangnya tiba-tiba? Karena saat masih menjadi pekerja kantoran, waktu kerja yang diberikan sudah pasti yaitu delapan jam, sementara saat kamu memutuskan untuk menjadi freelancer, kapanpun dibutuhkan kamu harus siap.

Sudah memiliki dana simpanan yang cukup?

money.jpg

Jika kamu sudah yakin untuk mengakhiri profesi sebagai pekerja kantoran dan mulai bekerja sebagai pekerja lepas, ada baiknya kamu memperkirakan seberapa lama sisa tabungan kamu akan bertahan, minimal untuk enam bulan ke depan. Apakah kamu sudah siap? Hal ini diperlukan agar ke depannya saat kamu sudah benar-benar menjadi pekerja lepas tidak akan merepotkan berbagai pihak. Jadi, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, keuangan adalah hal yang sangat krusial untuk menjadi bahan pertimbangan.

Sudah minta restu orang terdekat?

talking.jpg

Setiap orang tua tentunya memiliki pandangan yang berbeda-beda demi kebaikan anaknya. Jika kamu masih sendiri dan memiliki kewajiban terhadap orang tua, restu orang tua menjadi faktor wajib yang tidak boleh Kamu abaikan. Dan jika sudah memiliki pasangan, mintalah izin pada pasangan. Karena pada mereka lah kita bisa meminta bantuan saat ada kesulitan yang menghadang di kemudian hari.

Sudah yakin bisa mengatur waktu dengan baik?

times.jpg

Nah, untuk kamu yang menjadi pekerja lepas setelah pekerjaan kantor selesai, apakah sudah siap membagi waktu dengan baik dan tepat? Jangan sampai karena keinginan memiliki uang tambahan, kinerja kamu di kantor jadi menurun.

Sudah memiliki rencana cadangan?

planning.jpeg

Tidak semua rencana berjalan mulus seperti apa yang kita harapkan, dan jalan keluar untuk mengatasinya adalah memiliki rencana alternatif. Jadi, saat rencana A gagal, kamu bisa melakukan rencana B hingga seterusnya. Ini juga salah satu hal penting yang diperhatikan saat memutuskan menjadi seorang pekerja lepas/freelancer.

Jadi, sudah siapkah kamu?

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s