Sebuah penelitian di New York, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa iklan lowongan online yang mencantumkan besaran gaji mendapatkan klik 75% lebih banyak daripada yang tidak memajang gaji.

Dalam sebuah eksperimen yang dilakukan oleh sekelompok engineer yang tergabung dalam sebuah komunitas programming, ternyata transparansi menjadi sebuah hal yang tepat ketika berbicara gaji dan iklan lowongan. Dengan hasil rata-rata peningkatan Clickthrough Rate (CTR) 75% lebih tinggi, tentunya ini menjadi keuntungan potensial bagi perusahaan. Perusahaan diuntungkan dengan jumlah kandidat yang berkali-kali lipat melamar posisi yang diiklankan, terlebih di era startup, kelangkaan SDM berkualitas dan talent war seperti saat ini.

 

Bagaimana jika gaji yang ditawarkan tidak bombastis?

Dalam eksperimen yang sama, para engineer ini mengungkapkan bahwa angka gaji berapapun memberi dampak peningkatan CTR, meski persentasenya berbeda. Mereka mengungkapkan bahwa untuk gaji di bawah 100,000 dolar, terjadi peningkatan klik sebesar 60%, dan dua kali lipat (100%) untuk gaji di atas 100.000 dolar.

 

Bagaimana mencari tahu gaji ideal di pasaran?

Sejak November 2015, Karir.com telah mengembangkan fitur pembanding gaji di pasaran yang diukur dari lamanya berkarir, level dan industri yang digeluti. Jika Anda tidak yakin berapa yang harus Anda berikan untuk posisi tertentu atau berapa tren gaji di industri Anda saat ini, Anda bisa menggunakan fitur Salary Benchmark untuk mengecek gaji Anda di pasaran.

Fitur pengukur gaji garapan Karir.com, Kelly Services Indonesia dan Fokus Finansial ini tak hanya memberi tahu bagaimana posisi gaji Anda di pasaran, namun lebih dari itu, memberi Anda Tips Finansial dan Tips Karir yang relevan dengan gaji Anda.

Nah, tunggu apa lagi? Cek gaji Anda sekarang, dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan besaran gaji di iklan lowongan yang Anda pasang di Karir.com, tentunya demi transparansi, image perusahaan dan jumlah pelamar yang 75% lebih banyak.

Sumber: stackoverflow.com

Temukan artikel HR lainnya di majalah triwulan Karir.com: The Good HR #1

Posted by:Sky Kok

I am the CTO.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s