Sering deg-degan saat wawancara kerja? Ternyata, hal ini dapat diminimalisir dengan cara menguasai dan mencari tahu materi apa yang akan ditanyakan. Lalu apa saja yang harus diketahui sebelum wawancara kerja?

  1. Tanggung jawab posisi

tanggung jawab posisi.jpgPada tahapan wawancara, kamu sebaiknya mencari tahu/mengkonfirmasi mengenai tanggung jawab posisi jika nanti kamu diterima. Tujuannya adalah agar kamu bisa mempersiapkan dirimu saat sudah bekerja nantinya dan tidak kebingungan tentang pekerjaan apa yang akan kamu kerjakan.

  1. Mengapa perusahaan menghubungi kamu

Mengapa perusahaan menghubungi anda.jpgSaat kita dihubungi kembali, sudah tentu kita menjadi lebih berharap. Di tahap ini biasanya kita akan harap-harap cemas, diterima atau ditolak. Saat baru pertama kali dihubungi, bisa jadi itu pertanda kita diberikan kesempatan kedua untuk bisa bergabung dalam proses wawancara selanjutnya.

  1. Perkiraan gaji

sales-figures-1473495.jpgHal yang tidak boleh dilupakan saat mengisi form wawancara/interview adalah gaji yang diharapkan. Biasanya, pada saat interview, kita akan diberikan form yang berisi data diri lengkap, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan gaji yang diharapkan. Sebelum menuliskan gaji yang kamu harapkan, ketahui terlebih dahulu gaji sesuai pasaran di sini.

  1. Budaya perusahaan

budaya perusahaan.jpgMengapa budaya perusahaan sangat berpengaruh terhadap karyawan? Karena dengan adanya budaya perusahaan yang baik dan kondusif, karyawan bisa jadi lebih produktif. Seringkali, karyawan berpindah bukan karena gaji yang kurang, namun budaya perusahaan yang semakin tidak kondusif untuk bekerja.

  1. Tingkat senioritas

senioritasTidak hanya di dunia kerja, saat masih sekolah atau kuliah, kita sudah dihadapkan dengan masalah senioritas. Tidak perlu khawatir, karena tidak semua kantor mempersoalkan senioritas. Justru ada beberapa kantor yang karyawan seniornya membimbing junior demi tujuan yang sama; membangun perusahaan dan berkembang di perusahaan yang dinaunginya.

  1. Misi perusahaan

misi perusahaan.jpegDengan mengetahui misi perusahaan, kita jadi tahu apa yang harus dikerjakan demi mencapai tujuan bersama. Misi perusahaan juga dimaksudkan untuk menjelaskan nilai-nilai dasar organisasi serta pernyataan strategis yang akan dituju, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Sumber: Linkedin

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

2 replies on “6 Hal yang Harus Dikepoin Saat Wawancara Kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s