Banyak orang takut merantau. Entah karena alasan jauh dari orang tua, teman, atau sahabat, malas beradaptasi di lingkungan baru, dan berbagai alasan lainnya.

Dekat dengan orang-orang yang kita cintai memang bisa memberi motivasi lebih. Begitu juga rasa aman. Untuk kamu yang ingin merantau karena menginginkan tantangan baru, berikut tujuh keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan hidup merantau:

1. Menjadi lebih mandiri

mandiri
Jauh dari keluarga membuat kamu harus melakukan segala sesuatu sendiri atau dengan bantuan teman. Hal ini yang membedakan kamu dengan temanmu yang masih tinggal bersama orang tua. Makan sendiri, membereskan pekejaan rumah sendiri, masak sendiri, bukan lagi jadi hal asing yang kamu rasakan selama merantau.

2. Pandai bersosialisasi

mudah bersosialisasi.jpg
Sebagai makhluk sosial sudah sepatutnya kita dapat berkomunikasi secara baik dengan orang lain. Meski begitu, beberapa orang tidak suka memulai percakapan, kecuali mereka tinggal di perantauan, mau tidak mau mereka harus bersosialisasi untuk mendapatkan teman.

3. Soft skill lebih terasah

people-1209916_1280.jpg
Soft skill
atau kemampuan di luar bidang akademik otomatis akan lebih terasah dengan kamu merantau, seperti berkomunikasi dengan orang baru, belajar bahasa yang digunakan di daerah tempat kamu tinggal, bahkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Semua itu dilakukan semata-mata agar dapat bertahan.

4. Memandang sesuatu tidak hanya dari satu sisi

photo-1473668218426-90eab6884d4e.jpg
Mereka yang belum pernah merantau biasanya melihat sesuatu hanya dari satu sisi. Tapi dengan budaya dan lingkungan serta pemahaman yang berbeda di tempat perantauan, membuat kamu mengerti bahwa segala sesuatu haruslah seimbang.

5. Lebih bertanggung jawab

StockSnap_SFLDBY847W.jpg
Kamu merupakan salah satu orang yang dapat dipercaya! Kenapa? Karena ketika keluarga melepaskanmu untuk merantau, mereka menaruh rasa percaya yang besar kalau kamu bisa bertanggung jawab pada dirimu sendiri. Dan sebagai orang dewasa, kamu pasti akan menjaga kepercayaan tersebut dengan menjadi sosok yang bertanggung jawab pada setiap hal yang dilakukan.

6. Lebih bersyukur

photo-1474524559940-5d22e9320205
Tidak dipungkiri, saat di rumah kita merasa apa yang kita inginkan bisa dengan mudah didapatkan, sesederhana ingin makan tanpa perlu repot-repot memasak. Hal kecil ini yang akan membuat kita selalu bersyukur dan rindu untuk pulang.

7. Memiliki manajemen diri yang lebih baik

stocksnap_l9r4mmvfvj
Selain keenam hal di atas, kemampuan manajemen diri kamu juga akan lebih baik. Kenapa? Karena kamu akan mengelola segala sesuatu sendiri, dari mulai waktu, kegiatan, hingga keuangan.

Jadi, ingin merantau atau tetap berkarir di kotamu? Apapun keputusanmu, jangan lupa pertimbangkan dengan baik. Cari tahu apa tujuanmu dan untuk siapa kamu bekerja. Dan yang terpenting, jadilah yang terbaik di manapun kamu berada.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s