Memanfaatkan apa yang ada di ponsel pintarmu untuk mencari inspirasi dan membuatmu lebih produktif? Mengapa tidak?

Berikut beberapa aplikasi berbasis cloud untuk ponsel pintar yang bisa kamu gunakan untuk mendukung inspirasi dan produktivitasmu di mana saja, kapan saja:

  1. Google Drive, Dropbox: Dua aplikasi penyimpanan cloud ini membantumu berbagi dokumen dengan siapa saja, terlebih rekan satu timmu. Daripada menyimpan/mengerjakan di local drive, menyimpan di cloud drive membuatmu tak perlu membawa laptop ke mana-mana. Semua dokumen bisa diakses di mana saja, bahkan dari ponselmu. Saat dibutuhkan tiba-tiba pun, kamu tinggal membagikan tautan menuju dokumen yang dibutuhkan. Google Drive menyediakan kuota gratis 15GB, sedangkan Dropbox hanya 5GB dengan tambahan kuota gratis melalui beberapa pilihan cara.
  2. Wunderlist, Trelo: Aplikasi to-do list ini membantumu menyusun daftar pekerjaan yang harus kamu lakukan. Dengan aplikasi ini, hal-hal yang belum dan sudah kamu kerjakan akan dengan mudah teridentifikasi. Tak hanya itu, karena aplikasi ini berbasis cloud, kamu bisa membagikan tugas (task) pada rekan satu timmu. Kamu bahkan bisa saling memberi komentar dan mengunggah dokumen di tugas tertentu. Kamu pun bisa menginstal aplikasi ini di lebih dari satu ponsel, juga di komputer PC/laptop.
  3. Evernote: Aplikasi yang satu ini berguna untuk mencatat hal-hal penting. Apa bedanya dengan aplikasi Note bawaan ponsel? Karena aplikasi ini berbasis cloud, tentu saja kamu bisa mengaksesnya di lebih dari satu ponsel dan komputer PC/laptop. Kamu pun bisa membagikan tautan catatan tertentu pada siapapun tanpa memberi mereka akses pada catatan yang lain.
  4. Flipboard, Twitter: Meski kini pamor Twitter sebagai media berbagi sedang redup, namun aplikasi ini masih memiliki news feed yang paling efisien untuk memantau perkembangan atau update tokoh, institusi, atau situs berita favoritmu. Karena bisa memilih sendiri akun yang ingin kamu ikuti, tidak ada berita yang tidak berguna yang muncul di news feed-mu. Dengan mengikuti akun-akun yang tepat atau sesuai minatmu, Twitter menjadi aplikasi yang membantumu mengetahui semua tren terkini di belahan bumi manapun.Agak sedikit berbeda dari Twitter, Flipboard adalah aplikasi agregator yang mengumpulkan berita dari berbagai macam media. Jika di Twitter kamu perlu mengklik tautan untuk membaca berita yang kamu inginkan, dengan Flipboard kamu langsung bisa membaca berita di dalam aplikasi.
  5. WordPress, Steller: Jika kamu tipe yang gemar berbagi cerita, dua aplikasi ini cocok buatmu. Daripada mengunggah satu cerita di lebih dari satu posting-an atau foto di Instagram, WordPress dan Steller memungkinkanmu membagikan satu cerita panjang dalam satu posting-an. Kalau kamu lebih banyak menulis, gunakan WordPress. Kalau kamu lebih banyak mengunggah foto, gunakan Steller. Kamu tetap bisa membubuhkan cerita pada tiap foto dengan aplikasi kedua.
  6. Karir.com Mobile App: Aplikasi ponsel terbaru ini kini semakin memudahkanmu mencari kerja. Kamu pun bisa melengkapi resumemu kapan saja, di mana saja, supaya HR tertarik merekrutmu. Yang perlu kamu tahu; HR bisa mencari, menampilkan dan mengunduh halaman profilmu kapan saja. Ke depannya, semua fitur di desktop akan bisa kamu akses juga melalui ponsel pintar.
  7. Spotify: Aplikasi yang satu ini memungkinkanmu mendengarkan tipe lagu apa saja. Mudah diakses dan sangat fun, mereka menyediakan kumpulan latu setipe dalam berbagai playlist, seperti lagu-lagu penyemangat di pagi hari, lagu-lagu untuk membuatmu produktif menulis, lagu-lagu untuk menemanimu di kala macet, dan lain-lain. Jika menggunakannya secara berbayar, kamu bisa mendengarkan semua lagu tanpa iklan dan mengunduh lagu-lagu kesukaanmu dalam playlist yang bisa kamu akses tanpa internet. Kamu pun bisa menggunakan fitur Family dengan orang serumah untuk mendapatkan biaya berlangganan yang lebih bersahabat.

Nah, jangan hanya menggunakan ponsel pintar untuk bermain game, yah! Saatnya produktif kapan saja, di mana saja. Jangan sampai kalah “cepat” dengan perkembangan teknologi.

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s