Saat patah hati, bukan hanya perasaan yang terluka. Rasanya seperti semua hal indah berlalu tanpa permisi. Jangan salah, patah hati justru bisa jadi motivasi untuk lebih sukses karena sadar meratapi apa yang sudah terjadi tidak ada gunanya, dan bangkit untuk mendapat hal-hal baik merupakan kewajiban. Karena nyatanya patah hati bukan hanya memiliki sisi negatif, tapi juga sisi positif:

  1. Lebih punya banyak waktu luang untuk keluarga

“Harta yang paling berharga adalah keluarga.” – Keluarga Cemara

pexels-photo-127246Obat patah hati yang paling manjur yaitu orang-orang yang selalu mendoakan kesuksesanmu, tetap berada di sisimu, bagaimana pun kondisinya, mereka adalah keluargamu. Dan timbal balik yang bisa kamu berikan pada keluarga bukan hanya uang, tapi waktu luang.

  1. Ciptakan karya, dan dapatkan uang tambahan

“Hidup hanya sekali, jangan menua tanpa karya dan inspirasi.” – Ridwan Kamil

photo-1472745433479-4556f22e32c2.jpgPatah hati bukan berarti patah semangat kan? Untuk itu, ubah galau dan tangismu menjadi sebuah kekuatan untuk menciptakan karya yang beragam jenisnya, misalnya: menulis puisi, blog, novel, hingga menciptakan lirik sebuah lagu. Sama seperti Elizabeth Gillbert yang sukses menulis Eat, Pray, Love (2006) setelah kegagalan pernikahannya.

  1. Bertemu dengan komunitas baru

“Networking is an essential part of building wealth.” – Amstrong Williams

photo-1442504028989-ab58b5f29a4a.jpgSetiap bertemu dengan suatu komunitas, tandanya networking kamu akan semakin meluas. Selain doa dan usaha, dalam hal mewujudkan mimpi juga dibutuhkan peran networking yang cukup esensial. Dari latar belakang teman yang berbeda-beda, kamu akan mendapat ilmu menarik untuk diterapkan di kehidupan, terutama karirmu. Karena percayalah, jika kamu berhasil membangun networking dengan baik, keuntungan yang datang pun berkali lipat jumlahnya.

  1. Menabung lebih banyak

“Do not save what is left after spending, but spend what is left after saving.” – Warren Buffet

credit-squeeze-taxation-purse-tax-46242.jpegSaat kamu masih bersamanya, ada saja biaya yang harus dikeluarkan. Entah untuk berkencan, membelikan hadiah, atau untuk yang lainnya. Hikmah positif yang dapat diambil adalah kamu bisa menabung lebih banyak daripada biasanya. Dengan begitu, kamu semakin mantap mewujudkan impian-impian yang kamu harapkan.

  1. Lebih kuat

“The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong.” – Mahatma Gandhi

photo-1464839820797-cdd7219729e4.jpgKarena patah hati yang dirasa, kamu jadi lebih kuat untuk menatap hal baru yang lebih baik. Kamu akan menganggap bahwa semua yang pernah terjadi adalah bagian dari pembelajaran hidup. Dari sini, bukan hanya kekuatan yang kamu dapat, tetapi juga tanggung jawab khusunya pada diri sendiri

Semua tergantung niat dan kemauanmu, kalau kamu niat dan mau untuk merubah patah hati mu menjadi peluang sukses, Tuhan pasti berikan jalan terbaik. Jadi, sudah siap menjadi yang terbaik hari ini?

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s