Setelah lulus kuliah, hal yang mungkin dilakukan para fresh graduate adalah mencari pekerjaan. Tetapi ada kalanya mencari pekerjaan terasa membosankan. Bosan dengan prosesnya, bosan dengan penantiannya, atau bosan karena hal lainnya.
Solusi dari kebosanan tersebut, agar tidak menganggur terlalu lama yaitu membuat aktivitas produktif sebanyak-banyaknya, agar masa penentuan bisa dilalui dengan hati yang gembira, seperti:

  1. Cari kerja freelance

freelance.jpgKebanyakan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja akan memilih pekerjaan freelance terlebih dahulu agar memiliki cukup pengalaman, setidaknya di dunia kerja. Freelance-nya pun ada yang bisa dikerjakan di rumah, di kantor, ataupun di suatu organisasi. Memang uang yang didapatkan tidak sebanyak jika kamu bekerja  purna waktu, tapi pengalaman yang didapatkan cukup sebanding, lho. Dan jika kamu beruntung, status sebagai karyawan freelance bisa berubah menjadi karyawan tetap.

  1. Isi waktu untuk olahraga

olahraga.jpegMenganggur bukan berarti sepi aktivitas kan? Kamu bisa isi waktu luangmu dengan berolahraga, selain dapat menyehatkan badan, olahraga juga diyakini dapat menyehatkan pikiran. Mana tahu setelah kamu berolahraga, ide-ide cemerlang bermunculan untuk menciptakan sesuatu yang bisa menghasilkan.

  1. Berbisnis online

berbisnis-onlineBaru-baru ini merebak kabar tentang pengusaha cilik bernama Almeyda Nayara, yang sukses dengan usaha slime-nya dengan omzet puluhan juta perbulan. Dan yang membuat terkagum adalah karena Naya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Dari Naya kita bisa belajar untuk berani memulai sesuatu, salah satunya dengan berbisnis melalui media online.

  1. Perluas wawasan dengan mengikuti seminar

dsc_5073Mengikuti seminar bukan hanya dapat memperkaya ilmu, tapi juga memperluas koneksi. Dengan dua hal tersebut, setidaknya kamu memiliki bekal yang bisa jadi nilai plus saat interview. Tak perlu khawatir, karena tidak semua seminar yang diadakan berbayar, banyak juga yang mengadakan seminar gratis di setiap kota di Indonesia.

  1. Perbaiki kemampuan dengan mengikuti kursus

ikut-kursusBeberapa orang minder untuk melamar kerja karena ada kemampuan yang dirasa kurang. Dan untuk menyempurnakan kemampuan yang Tuhan berikan tersebut, kamu bisa ikuti kursus. Karena setiap kekurangan bisa diatasi dengan kemauan, jadi jangan pernah takut.

  1. Jadi volunteer

volunteer.jpgMenjadi volunteer merupakan salah satu cara tepat menghabiskan waktu luang. Selain bisa bertemu orang-orang baru, kamu juga bisa menambahkan pengalaman tersebut di CV atau Resume yang kamu buat.

  1. Perluas koneksi

koneksi.jpgKoneksi merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan memiliki koneksi yang baik, bukan hal sulit untuk kamu mendapatkan pekerjaan. Jadi, bersikaplah baik kepada siapapun, karena siapa tahu orang tersebut adalah orang yang paling berjasa untuk karir kita nanti.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

2 replies on “Setelah Lulus, Nganggur, Sebaiknya Ngapain Ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s