Apa yang akan terpikirkan oleh Anda ketika baru saja menerima gaji? Pastinya Anda akan berpikir untuk membeli semua hal yang dibutuhkan, misalkan belanja bulanan, beli baju, pulsa telepon, bayar tagihan credit card, atau bahkan membeli barang-barang yang tidak direncanakan.

Memang kesulitan dalam mengatur keuangan tidak hanya dialami oleh segelintir orang saja. Di zaman yang modern seperti ini, tidak jarang bahwa akan ada beberapa orang yang sering kehabisan uang sebelum gaji dibulan berikutnya datang atau bahkan sebelum pertengahan bulan. Ini menandakan bahwa Anda belum bisa mengelola uang dengan bijak.

Dengan demikian, secara terpaksa Anda akan mengambil beberpa rupiah dari tabungan yang sudah disimpan untuk keperluan masa depan. Dan seiring berjalannya hari, Anda akan menyadari bahwa pengeluaran lebih besar di banding pemasukan.

Naah dengan kejadian seperti itu, akan ada beberapa tips untuk Anda yang sering kehabisan uang sebelum saatnya.

  1. Pengendalian Diri
    Pengendalian Diri.jpg
    Yang harus Anda lakukan sesaat setelah menerima gaji bulanan yaitu coba untuk mengendalikan diri. Anda harus bisa mengendalikan diri untuk tidak menjadi seseorang yang konsumtif. Ingat! Setelah menerima gaji, ini bukan berarti kamu harus menggunakannya untuk berfoya-foya, melainkan harus menerapkan pola piker bahwa gaji harus digunakan dengan bijak. Misal, membayar tagihan uang kost, tagihan listrik, belanja kebutuhan pribadi, sampai uang makan. Hal ini akan bisa meredam keinginan Anda untuk langsung menghabiskan gaji dalam sekejap dan berpikir ulang sebelum bergaya hidup mewah.
  1. Memiliki Rekening Khusus untuk Tabungan
    Memiliki Rekening Khusus untuk Tabungan.jpg
    Pastikan bahwa Anda harus memiliki dua rekening. Mengapa? Hal ini dimaksud untuk membantumu dalam mengelola gaji tiap bulannya. Untuk rekening yang pertama bisa Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari dan rekening yang ke dua digunakan untuk tabungan. Ingat! Rekening tabungan tidak bisa diganggu gugat untuk membantu keperluan harian.
  1. Hindari untuk Membeli Barang Secara Kredit
    Hindari untuk Membeli Barang Secara Kredit.jpg
    Seiring berjalannya waktu pasti akan ada produk-produk baru yang dikeluarkan, entah itu barang elektronik maupun kendaraan bermotor. Nah, disaat seperti ini lah Anda harus bisa menolak atau menghindari godaan-godaan tersebut yang biasanya memiliki beban cicilan besar hingga memiliki bunga yang tidak ramah dikantong.
  1. Siapkan Anggaran Bulanan
    Siapkan Anggaran Bulanan.jpg
    Anda bisa membuat anggaran pengeluaran tiap bulannya. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mengendalikan pengeluaranmu agar tidak berbalik dengan pemasukan. Yang pertama kali harus Anda lakukan yaitu sisihkan uang untuk menabung. Di sini Anda bisa sisihkan minimal 10% dari gajimu. Setelah itu Anda bisa catat apa saja yang perlukan dalam sebulan ini.
  1. Atur Gaji Dengan Menggunakan Salary Benchmarksalary-benchmarkSelain cara-cara diatas untuk mengatur gaji bulanan, Anda bisa gunakan fitur Salary Benchmark di Karir.com. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah mengatur gaji tiap bulannya. Baik dari pengeluaran pokok, cicilan hingga tabungan yang seharusnya disisihkan, Salary Benchmark akan bantu dalam memanage tiap bulannya.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

One thought on “Anda Sering Kehabisan Uang Sebelum Saatnya? Begini Cara Mengatasinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s