Memiliki rumah sendiri sudah menjadi impian bagi kebanyakan orang. Tapi harga perumahan yang ditawarkan terbilang cukup mahal jika harus dibayarkan secara tunai, khususnya bagi pekerja dengan Upah Minimum Karyawan (UMR). Hal Ini membuat sebagian orang tidak yakin atau menunda untuk membeli kebutuhan jangka panjang tersebut. Namun, banyak cara menuju rumah idaman untuk kamu yang memiliki kemauan besar meski dengan gaji pas-pasan:

  1. Atur keuangan sebaik mungkin

pexels-photo-234171.jpegKeputusan membeli rumah tentu bukan keputusan mudah, mengingat harus memisahkan antara kebutuhan primer dengan tersier terlebih dahulu. Atur gaji untuk mengetahui berapa biaya ideal yang bisa dikeluarkan. Setelah semua sudah diketahui secara jelas, buatlah anggaran rincian untuk membayar Down Payment (DP) rumah yang anda inginkan, beserta biaya cicilan setiap bulannya.

  1. Pilihlah KPR yang tepat

66zb0jtrmvu-andre-robillard.jpgSebelum memilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tentukan dulu Bank mana yang tepat dan memiliki suku bunga paling rendah untuk menjamin rumahmu selama beberapa tahun ke depan. Setiap KPR rata-rata menyediakan tenggat waktu yang sama yaitu berkisar 10-15 tahun. Dengan begitu, Anda harus berhati-hati, karena lamanya waktu membayar menentukan besaran cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

  1. Pahami persyaratannya

pexels-photo-52649.jpegMemiliki rumah dengan metode KPR memang sedang gencar disuarakan, tapi jangan sampai Anda asal membeli tanpa tahu persyaratan di dalamnya. Setiap Bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda, untuk itu Anda perlu melakukan survey ke Bank terkait, agar tidak terkecoh saat mengajukan KPR.

  1. Buat usaha sampingan untuk tambahan pemasukan

4fwrykiswfk-juan-ignacio-tapia.jpgPersiapkan usaha sampingan dengan modal kecil untuk menyokong dana-dana lain di luar cicilan rumah. Yang terpenting, sesuaikan usaha dengan gaji yang Anda miliki saat ini agar tidak menyusahkan di kemudian hari. Hal ini diharapkan dapat menjadi penyeimbang untuk gaya hidup dan kebutuhan Anda di masa yang akan datang.

  1. Bandingkan nilai investasi lingkungan rumah

wuac3i1g6si-james-garcia.jpgSatu hal yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah membandingkan. Ya, membandingan rumah satu dengan rumah lainnya memang terkadang menyita waktu, tapi hal ini justru bisa berdampak baik agar tidak timbul penyesalan setelah membeli. Analisa ini penting berhubung harga jual rumah yang tiap tahunnya semakin melonjak.

  1. Berlatih mencicil

dzit-ftyv4e-drew-coffman.jpgSaat akan mencicil rumah, cobalah berlatih untuk mencicil suatu barang yang tidak terlalu mahal harganya. Dan rasakan apakah cicilan tersebut menambah beban hidup Anda atau justru menguntungkan Anda. Jika cicilan tersebut dirasa tidak memberatkan, tandanya Anda sudah mulai siap untuk mencicil sesuatu yang lebih besar, seperti rumah misalnya.

  1. Tetap konsisten dan bersabar

iqwvvymtv1k-milada-vigerova.jpgTujuh hal di atas sudah dapat Anda lakukan? Jika sudah, tetaplah konsisten dan bersabar, karena semua butuh proses dan akan indah pada waktunya. Jadi, jangan pernah takut membeli rumah walau gaji masih pas-pasan ya.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s