Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian memang menjadi dambaan semua orang. Namun, ada kalanya Anda sering mengalami kegagal atau ditolak ketika mendapatkan pekerjaan yang sudah kita impikan. Mungkin penolakan itu terjadi karena ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan ketika pertama kali interview.

Naah, berikut ini ada beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika proses interview yang membuatmu ditolak kerja.

  1. Berpakaian Tidak Tepat
    Berpakaian Tidak Tepat.jpg
    Sudah bukan rahasia lagi jika penampilan saat interview menjadi salah satu faktor penting yang akan menentukan Anda layak diterima atau tidak di dalam sebuah perusahaan. Selain cara berbisaya dan gesture tubuh, HRD juga akan menilai cara Anda berpakaian. Baiknya hindari pakaian yang sexy, dandan berlebihan dan juga terlalu casual.
  1. Datang Terlambat
    Datang Terlambat.jpg
    Meski Anda masuk ke dalam kualifikasi yang sesuai dengan keinginan perusahaan serta profil yang bagus, namun ketika terlambat datang saat interview jangan heran jika HRD langsung menolak. Maka, usahakan untuk datang 10 sampai 15 menit lebih awal. Hal ini menandakan bahwa Anda menghargai waktu mereka dan tidak terkesan meremehkan sesi awal interview.
  1. Persyaratan Melamar Kerja Tidak Lengkap
    Persyaratan Melamar Kerja Tidak Lengkap.jpg
    Pastikan Anda membawa persyaratan lengkap sebelum jalan interview kerja, karena hal ini dapat meminimalisir terjadinya penolakan kerja. Semua persyaratan kerja baik berupa resume, fotocopy identitas diri, pas foto hingga porto folio menjadi sesuatu yang wajib dibawa sebagai penilaian dan pertimbangan untuk bekerja di sebuah perusahaan.
  1. Tidak Paham Mengenai Posisi yang Dilamar
    pexels-photo-52608
    Jangan pernah sekali-kali melamar pekerjaan di posisi yang tidak pernah Anda pahami. Sebelum melamar pekerjaan, pastikan Anda harus benar-benar pahami dan teliti mengenai fungsi dan tanggung jawab di posisi tersebut. Jangan sampai ketika proses interview berjalan, Anda tidak mengetahui secara detail mengenai tanggung jawabnya. Ini sudah memastikan bahwa Anda akan langsung ditolak oleh perusahaan.
  1. Meminta Gaji Tidak Sesuai Dengan Potensi
    Meminta Gaji Tidak Sesuai Dengan Potensi.jpg
    Selama proses interview pastinya nanti akan ada waktu untuk menegosiasi gaji. Untuk menghindari terjadinya penolakan karena Anda menawarkan gaji yang melewati pasaran, alangkah baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu. Anda bisa melakukan survei gaji yang sesuai melalui internet atau menggunakan Salary Benchmark. Selain survey gaji, Salary Benchmark juga mampu mengetahui kisaran gaji pada posisi lain, mengatur gaji dan lainnya.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s