Padatnya rutinitas pekerjaan turut andil dalam penggemukan badan, khususnya di lingkungan kerja. Bagaimana tidak? Ketika bosan menghampiri, dan kita tidak bisa beranjak dari tempat kerja, jalan satu-satunya ya ngemil.

Dan kebanyakan pekerja perempuan lah yang lebih menyukai ngemil saat jam kerja jika dibandingkan dengan pekerja laki-laki. Lalu apa lagi faktor yang membuat tubuh semakin gemuk saat sudah bekerja?

  1. Kurang tidur

kefrafky6sk-hernan-sanchez.jpgNah, ini dia faktor utamanya. Kenapa disebut sebagai faktor utama? Karena keinginan untuk terus makan adalah sebab dari kurang tidur. Ngantuk saat jam kerja memang hal yang lumrah, tapi cara mengatasinya yang seringkali tidak wajar, karena justru bikin tubuh kita semakin gemuk. Kalau ngantuk sedikit, ngemil, ngantuk sedikit, ngemil, bagaimana bisa kurus?

  1. Kurang minum air putih

jiejftgdu3w-jez-timms.jpgKetika tubuh Anda membutuhkan asupan air untuk mencerna makanan dan menyerap  lemak yang ada di dalam tubuh, namun kenyataannya Anda kekurangan cairan karena jarang minum, dapat membuat rasa lapar dan ngantuk berlebihan yang berakibat ngemil keseringan. Dengan rutin minum air putih, Anda sudah mengontrol diri sendiri untuk tidak kebanyakan ngemil.

  1. Malas berolahraga

9ooxcp1jcqu-ayo-ogunseinde.jpgApakah Anda salah satu pengguna transportasi umum? Pasti Anda sudah sangat mengerti lelahnya perjuangan mendapat space di kereta atau mengejar bus demi datang tepat waktu. Sesampainya di kantor, Anda merasa lelah seolah sudah tidak ada semangat untuk melanjutkan pekerjaan. Kebiasaan ini dapat dihindari dengan rajin berolahraga. Olahraga yang dilakukan juga tak perlu berat, seperti lebih banyak menggunakan tangga daripada lift.

  1. Sering kerja lembur

6moxg-rdd8s-andrew-welch.jpgKerja melewati batas waktu yang ditentukan juga berakibat fatal terhadap stress dan kegemukan. Pikiran yang sedang tidak stabil dan tubuh yang belum diistirahatkan menjadi faktor yang cukup memengaruhi. Kalau terpaksa harus lembur, usahakan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar protein tinggi namun rendah lemak, seperti gandum, brokoli, atau air perasan lemon.

  1. Banyak menaruh camilan di meja kerja

x7bbp1yjhx0-aldyth-moyla.jpgTerakhir, kebiasaan menaruh camilan di meja kerja, yang membuat ingin makan terus-menerus padahal sedang tidak lapar. Kondisi seperti ini bisa Anda minimalisir dengan mengganti camilan Anda dengan camilan berkalori rendah, seperti salad, buah-buahan, yogurt, dan lain-lain.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s