Bagi Anda yang baru mendapatkan pekerjaan baru merupakan sesuatu yang menyenangkan. Namun, sebelum Anda nyatakan diterima dalam sebuah perusahaan pastinya akan melalui banyak tahapan-tahapan pengrekrutan mulai dari wawancara hingga negosiasi gaji. Tidak sedikit diantara Anda yang tidak lolos ketika masuk ke tahap negosiasi gaji. Kemungkinan itu disebabkan karena Anda mengajukan gaji terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah.

Walau begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai cara negosiasi gaji yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara yang tidak semua orang tau dan bisa Anda gunakan agar gaji yang  didapatkan nanti tidak di bawah standar pasaran.

  • Hindari kata ‘terserah’
    Hindari kata terserah.jpg
    Ingat, hindari kata ‘terserah’. Kenapa? Karena saat Anda sedang negosiasi gaji merupakan pertaruhan masa depanmu. Memang saat seperti ini akan membuatmu bingung. Jika Anda menyebutkan nominal terlalu tinggi maka bisa jadi HRD kurang atau tidak setuju. Namun, bila menyebutkan terlalu rendah akan menimbulkan persepsi bahwa Anda kurang layak. Walau seperti itu, jangan pernah mencetuskan kata ‘terserah’ saat negosiasi gaji karena ini akan menimbulkan persepsi bahwa Anda terlihat tidak percaya diri.
  • Jangan terlalu cepat mengambil keputusan
    Jangan terlalu cepat mengambil keputusan.jpg
    Jika Anda sudah dinyatakan diterima bekerja namun gaji yang didapatkan tidak sesuai dengan harga standar gaji di pasaran, maka jangan terburu-buru mengambil keputusan meski didesak dari pihak perusahaan. Sah-sah saja jika Anda meminta waktu untuk mempertimbangkan keputusan tersebut, tapi dengan catatan jangan terlalu lama memberikan keputusan atau membuat perusahaan tersebut menunggu lama.
  • Gunakan Salary Benchmark
    salary-benchmark
    Anda masih bingung untuk menentukan standar gaji yang sesuai dengan pasaran? Jangan khawatir. Kini Anda bisa menentukan gaji sesuai standar pasaran dengan mudah menggunakan fitur dari Karir.com yakni Salary Benchmark. Hanya dengan mengisi form data diri pribadi di Karir.com, maka bisa diketahui berapa kisaran standar gaji pasaran yang cocok untukmu.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s