Sekarang kamu bisa melakukan wawancara kerja dengan HR dari ponsel atau PC/laptopmu. Dengan aplikasi mobile atau desktop Karir.com, kamu tak perlu lagi datang ke kantor perusahaan-perusahaan yang ingin mewawancaraimu.

Jika kamu sudah melamar lowongan pekerjaan di Karir.com dan masuk kualifikasi, kamu akan menerima notifikasi jika HR ingin wawancara denganmu.

Bagaimana selanjutnya dan bagaimana memanfaatkan fitur ini dengan maksimal? Apa saja tips-nya? Yuk, baca panduannya!

  1. Mendapatkan notifikasi undangan video interview
    video-interview-1
    Jika sudah menerima notifikasi undangan untuk mengikuti video interview, itu artinya Anda lolos ke tahap wawancara untuk posisi yang dilamar dalam sebuah perusahaan.
  1. Merapikan penampilan
    video interview 2.jpg
    Walaupun Anda mendapatkan kesempatan untuk wawancara melalui video, itu sama artinya sama seperti interview biasanya. Jadi, Anda harus merapikan penampilan supaya terlihat profesional di depan HR.
  1. Klik “Mulai Wawancara” dalam kolom perusahaan yang dilamar
    video interview 3.PNG
    Sebelum memulai video interview, Anda harus meng-klik “Mulai Wawancara” pada perusahaan yang dilamar. Dalam video interview ini, Anda tidak akan bertatap muka secara langsung dengan HR, namun hanya akan direkam jawabanmu dalam bentuk video yang nantinya akan dilihat oleh HR nantinya.
  1. Muncul peraturan dalam melakukan video interview
    video interview 4.PNG
    Setelah Anda klik tombol “Mulai Wawancara,” maka akan muncul aturan-aturan dalam melaksanakan video interview seperti: berpakaian rapi, memastikan koneksi internet bagus, cukup pencahayaan, tidak ramai, dan background yang bersih. Setelah itu scroll down dan klik “Mulai Interview”.
  1. Akan ada pop up detail video interview
    video interview 5.PNG
    Setelah Anda klik “Mulai Interview” dari langkah sebelumnya, akan muncul pop up yang berisi detail mengenai video interview yang dimana akan terdapat 5 poin penting yang harus diperhatikan. Setelah itu, Anda bisa memilih “latihan” atau “mulai”. Walau terdapat pilihan, Anda jangan khawatir! Anda memiliki 3 kali kesempatan untuk berlatih sebelum memulai wawancara. Jika sudah berlatih dan siap untuk melakukan video interview, Anda bisa klik “Sudah Siap”.
  1. Siap melakukan video interview
    video interview 6.PNG
    Setelah klik “Sudah Siap”, Anda bisa persiapkan diri sebaik-baiknya dan klik “Lanjut.” Kemudian akan muncul pertanyaan pertama dan seterusnya. Tapi, perlu diingat bahwa Anda hanya memiliki waktu 15 detik untuk memikirkan jawaban dan 2,5 menit untuk menjawab satu pertanyaan. Selain itu, Anda juga hanya memiliki satu kali kesempatan untuk menjawab setiap pertanyaan. Jadi, baiknya Anda gunakan waktu berlatih sebaik-baiknya.

Lihat video tutorial:

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s