Kerja di Jakarta mungkin menjadi impian dari sebagian orang khususnya bagi lulusan baru. Anda kah salah satunya? Selain terdapat tantangan baru, Jakarta menjadi salah satu kota yang menawarkan gaji tertinggi. Tapi, kota lainnya seperti Surabaya dan Yogyakarta juga tak kalah istimewa karena mampu menyajikan kenyamanan yang jarang Anda temu saat bekerja di Jakarta. Nah, bedanya kerja di Surabaya dan Yogyakarta apa sih? Berikut ulasannya:

  1. Biaya hidup di Jogja lebih murah daripada Jakarta atau Surabaya

Biaya hidup di Jogja lebih murah daripada Jakarta atau Surabaya.jpgPastinya, karena gaji di Jogja juga lebih rendah jika dibandingkan dengan Surabaya atau Jakarta. Tapi, di setiap kekurangan pasti ada kelebihannya. Kelebihannya adalah biaya hidup yang lebih murah, di sini Anda pasti masih menemukan kos-kosan atau kontrakan dengan biaya sewa 200-500 ribu rupiah.

  1. Tingkat kriminalitas rendah

tingkat kriminalitas rendah.jpegDi saat Anda terpaksa pulang malam karena harus menyelesaikan pekerjaan, Jogja menawarkan solusinya. Di Jogja, Anda tak perlu khawatir pulang kemalaman, karena saat malam hari Jogja justru semakin ramai, ada yang sekedar nongkrong di angkringan, ada juga yang sekedar ingin mencoba wisata malamnya.

  1. Tidak terlalu macet
tidak terlalu macet.JPG
sumber: id.wikipedia.org

Jika dibandingkan dengan Surabaya ataupun Jakarta, Jogja tidak terlalu macet. Perjalanan yang ditempuh dari pemukiman sampai ke kantor-kantor pun tidak terlalu jauh. Dan di sini Anda akan menemukan orang-orang yang mengenakan peralatan lengkap naik motor walau hanya ke tempat dekat sekalipun.

  1. Kuliner enak dan murah
kuliner murah di jogja.jpg
flickr.com

Anda penggemar kuliner enak tapi murah? Merantaulah ke kota Jogja. Karena hanya di sini Anda masih bisa makan kenyang dengan uang 3000 rupiah. Enaknya lagi, makanan yang ditawarkan beragam jenisnya, jadi Anda tidak akan pernah bosan untuk mencicipinya.

  1. Banyak tempat wisata dengan harga terjangkau
wisata murah di jogja.jpg
pixabay.com

Penatnya rutinitas pekerjaan membuat Anda suntuk. Terutama ketika harus menghadapi klien yang banyak maunya atau rumus coding yang menjelimet. Dan, demi menjaga keseimbangan hidup, pastikan Anda sudah membuat destinasi atau tujuan perjalanan ketika hari libur tiba, seperti mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada. Nah, baik Jogja ataupun Surabaya memiliki tempat wisata yang sangat terjangkau, bahkan bisa dibilang separuh dari harga ketika kita berwisata di kota Jakarta.

  1. Berkembangnya infrastruktur

Berkembangnya infrastruktur.jpgPerkembangan infrastruktur di Surabaya meningkat pesat. Bahkan, Surabaya diklaim akan mengalahkan Jakarta hingga Singapura. Wah, siapa yang tidak tertarik kalau begini? Sebagai ibu kota terbesar kedua setelah Jakarta, kota Surabaya sangat memudahkan dalam proses perizinan investasi baru yang berdatangan agar dapat mendorong berkembangnya wilayah tersebut. Meski begitu, Surabaya masih terus memperbaiki infrastruktur seperti perluasan pelabuhan dan bandara demi kenyamanan semua warga ataupun wisatawan.

Jadi, kota mana yang akan Anda pilih untuk berkarir?

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s