Mengatur gaji bulanan merupakan hal yang sederhana namun sulit dilakukan.

Kebanyakan menganggap bahwa gaji tidak pernah berlebih jadi sulit untuk ditabung. Padahal sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kita selalu diingatkan dengan pepatah “hemat pangkal kaya”. Namun  tak dapat dipungkiri, saat sudah memiliki uang hasil kerja keras sendiri rasanya ingin menikmati dengan membeli apa yang ingin dibeli, hal itu sah saja dilakukan asal mengetahui batasannya. Saat ingin menabung, sebaiknya kita memiliki tujuan yang jelas, agar dapat mengendalikan sifat ingin menghambur-hamburkan uang.

Nah, gimana sih cara menabung yang mudah ?

  • Buat pos pemasukan dan pengeluaran
    00 Buat pos pemasukan dan pengeluaran.jpg
    Mungkin Anda bisa memanfaatkan aplikasi notes di handphone Anda, karena handphone selalu dibawa kemana pun Anda pergi, catatan di handphone ampuh jadi alarm harian Anda untuk gak boros lho.
  • Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan
    00 Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan.jpg
    Saat berpergian ke pusat perbelanjaan bersama teman kadang secara tidak sadar kita membeli apa yang kita lihat di depan mata hanya karena suka, bukan butuh. Sesekali membeli apa yang kita inginkan tidak ada salahnya, tapi sebaiknya tidak terlalu sering. Karena hanya akan menimbulkan perasaan senang sesaat.
  • Beramal
    00 Beramal.jpeg
    Setiap agama menganjurkan kita untuk berbagi, bukan hanya bermanfaat bagi orang yang menerimanya tetapi juga bagi yang memberinya. Jadikan amal sebagai ladang tabunganmu di akhirat ya.
  • Simpan uang receh di celengan
    00 Simpan uang receh di celengan.jpg
    Kata siapa uang 500 rupiah sudah gak laku? Uang 500 rupiah memang tidak bisa membeli apa yang kita mau, tapi jika kita mengumpulkannya secara konsisten, uang 500 rupiah bisa menjadi berkali lipat jumlahnya dan kita bisa membeli apa yang kita mau/butuhkan.
  • Miliki 2 rekening tabungan atau lebihMiliki 2 rekening tabungan atau lebih.jpg
    Ketika sudah komitmen untuk menabung, usahakan untuk memiliki dua rekening tabungan. Satu rekening untuk pengeluaran/jajan. Dan satu rekening lainnya, khusus untuk tabungan. Pilihlah rekening khusus tabungan tanpa atm dan potongan biaya admin.
  • Tetapkan target, pastikan pengeluaran bulanan tidak lebih dari 30-50%00 Tetapkan target, pastikan pengeluaran bulanan tidak lebih dari 30-50%.jpeg
    Menetapkan target menabung bertujuan agar mempermudah dalam mengatur pengeluaran, berapa yang harus Anda tabung dan Anda anggarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Lebih bijak dalam menggunakan Credit Card
    00 Lebih bijak dalam menggunakan Credit Card (2).jpg
    Kartu Kredit dapat memudahkan anda jika ingin membeli suatu barang dengan harga mahal. Banyak Kartu Kredit yang menawarkan program cicilan 0% di beberapa pembelanjaan. Tapi jangan mudah tergiur dengan cicilan 0% tersebut, Anda harus tetap bijak menggunakannya agar tidak ada kesulitan di kemudian hari.
  • Menabung saat gajian, bukan sisa gajianMenabung saat gajian, bukan sisa gajian.jpg
    Mayoritas, karyawan yang sudah menerima gaji akan menggunakan gajinya untuk membeli keperluan sehari-hari atau untuk membayar tagihan, dan akan menabung jika ada sisanya. Untuk menekan pengeluaran yang direncanakan, ada baiknya Anda menabung saat awal menerima gaji, dan sisanya digunakan untuk keperluan lainnya.

Jadi, menabung tidak sulit bukan? Yuk coba dan rasakan manfaatnya.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s