Masuknya perdagangan bebas, membuat banyak perubahan di negeri ini, salah satunya perubahan dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Dalam lingkungan pekerjaan, Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang digunakan lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Hal tersebut didukung dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan asing di Indonesia sehingga mengharuskan karyawannya untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik dalam percakapan sehari-hari.

Sebelum mempelajari bahasa Inggris, ada baiknya kita menyukainya. Jika kita menyukai sesuatu pasti akan sangat bersemangat mengejar apa yang kita sukai. Mulailah sering menyapa menggunakan bahasa Inggris di kantor, dan buat pengajuan proposal ke atasan untuk diadakan les atau seminar bahasa Inggris gratis di kantor.

Pihak perusahaan dapat ikut andil dalam mensejahterakan kemampuan bahasa Inggris karyawannya dengan cara menyediakan jasa les bahasa Inggris di kantor seusai pekerjaan selesai. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan untuk meningkatkan kualitas pekerja di suatu perusahaan, karena bahasa Inggris kini bukan lagi poin plus, tapi keharusan. Keharusan berbahasa inggris dapat meningkatkan kualitas karyawan, dan untuk memudahkan apabila perusahaan mendapati klien asing.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk dapat mahir berbahasa Inggris tanpa merogoh kocek banyak:

  1. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris tanpa teks
    Mendengarkan lagu berbahasa Inggris tanpa teks.jpg
    Mendengarkan lagu merupakan cara yang paling mudah diakses, hanya membutuhkan mp3 atau radio di handphone kita. Selain mudah diakses, mendengarkan lagu juga dapat membuat rileks pendengarnya. Untuk mempercepat progressnya, jangan hanya didengar, tetapi juga dipahami maksud dari liriknya, kalau bisa sambil menyanyi. Jadi, dalam satu cara dapat tiga manfaat, listening, reading, dan speaking.
  2. Menonton film tanpa subtitle
    Menonton film tanpa subtitle.jpeg
    Anda suka nonton film asing? Nah, berarti cara ini cocok banget buat Anda. Biasanya kita menonton film asing menggunakan subtitle untuk dapat memahami maksud film nya secara keseluruhan. Coba tinggalkan kebiasaan menonton dengan subtitle, karena secara tidak langsung kita sudah belajar mengerti cara menanggapi percakapan dalam bahasa inggris yang nantinya bisa di aplikasikan di kehidupan sehari-hari.
  3. Membaca buku novel sastra atau novel ringan berbahasa inggris
    membaca-buku-novel-sastra-atau-novel-ringan-berbahasa-inggris
    Pepatah mengatakan, “buku adalah jendela dunia”. Betul sekali, dengan membaca kita menjadi lebih tahu. Banyak cerita yang tidak sepenuhnya dijabarkan pada saat menonton film, karena kebanyakan penulis memilih menuangkan segala idenya dalam bentuk tulisan karena sifatnya yang tidak akan basi. Anda bisa pilih jenis bacaan ringan berbahasa inggris seperti novel percintaan remaja atau novel komedi yang mengandung banyak makna. Namun, jika Anda penyuka sastra, novel sastra berbahasa Inggris bisa jadi pilihan yang tepat. Belajar bahasa Inggris akan sangat menyenangkan jika membaca adalah salah satu hobimu.
  4. Mengajukan proposal ke perusahaan untuk diadakan les bahasa Inggris gratis
    mengajukan-proposal-ke-perusahaan-untuk-diadakan-les-bahasa-inggris-gratis
    Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan, Anda bisa ajukan proposal ke pihak perusahaan tempat Anda bekerja untuk diadakan les bahasa Inggris gratis. hal itu dapat dilakukan karena pada saat ini banyak perusahaan yang menginvestasikan keterampilan bahasa Inggris untuk karyawannya. Memang akan mengeluarkan biaya yang cukup besar, tetapi terdapat keuntungan juga baik untuk karyawan dan perusahaan. Keuntunganya, perusahaan dapat menghemat cost ketika kedatangan klien asing karena memiliki karyawan yang sudah mumpuni dalam berbahasa Inggris.
  5. Gunakan social media sebagai sarana belajar dan meningkatkan percaya diri
    gunakan-social-media-sebagai-sarana-belajar-dan-meningkatkan-percaya-diri
    Apa Anda termasuk penggila social media? Jika jawabannya iya, ini akan sangat menyenangkan. Karena dari aktivitas yang Anda sukai ini bisa menambah kualitas menulis Anda khususnya dalam bahasa Inggris. Mulai ganti akun Anda ke bahasa Inggris, membuat status dalam bahasa Inggris, dan bergabung dengan perkumpulan/komunitas berbahasa Inggris di social media seperti group facebook, line, dan lain-lain. Tips ini juga melatih kepercayaan diri, karena meskipun tidak bertemu secara langsung tetapi bercengkrama lewat dunia maya juga butuh keberanian.
  6. Chatting menggunakan bahasa Inggris
    chatting-menggunakan-bahasa-inggris
    Chatting adalah percakapan yang dilakukan antara dua orang atau lebih. Kalau Anda belum cukup percaya diri untuk melakukan percakapan tatap muka dengan temanmu, Anda bisa chatting dengan hanya bermodalkan internet. Terlebih maraknya gadget murah berkualitas semakin memudahkanmu untuk belajar bahasa Inggris dengan chatting. Pertama, Anda bisa membuat group chatting yang anggotanya memiliki visi yang sama, yakni ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris.
  7. Ikuti tes bahasa Inggris gratis
    efset.PNG
    Siapa bilang tes bahasa Inggris selalu pake uang? ada kok yang gratis dan akurat. Anda bisa ikuti tes bahasa Inggris gratis di Karir.com. Ini sangat berguna untuk mengasah dan mengetahui kemampuan berbahasa Inggris Anda. Jadi dapat dijadikan tolak ukur untuk pembelajaran berikutnya.

Ternyata belajar bahasa Inggris tidak susah ya, asal mau mencoba dan terus berusaha, pasti bisa.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s