Bagi Anda yang memiliki jam kerja pada malam hari atau shift malam, simak beberapa tips berikut ini.

 

Bekerja merupakan aktifitas atau rutinitas sehari-hari yang harus Anda lalui. Memang, setiap pekerjaan yang Anda pilih akan memiliki beberapa risiko yang salah satunya bekerja pada malam hari atau shift  malam. Untuk Anda pekerja yang memiliki jam kerja seperti ini, butuh perhatian khusus pada kesehatan.

Kerap kali, pekerja yang memiliki jam kerja seperti ini memiliki gangguan kesehatan, seperti insomnia, obesitas, pusing dan lainnya. Maka dari itu, berikut ini ada tips untuk Anda pekerja shift  malam.

  • Makan yang cukup, sehat dan bergizi
    Makan yang cukup, sehat dan bergizi.jpeg
    Bagi Anda yang bekerja pada shift malam, ada baiknya selalu konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Jadi, jika merasa lapar di malam hari, Anda bisa makan buah-buahan yang lebih sehat dibandingkan makanan instan. Atau lebih bagus lagi jika Anda membawa makanan dari rumah yang jelas lebih sehat dibandingkan membeli makanan di luar.
    Untuk cemilan, Anda bisa membawa buah-buahan atau roti dan hindari mengkonsumsi gorengan disela-sela kerja. Gorengan hanya akan menambah kalori dan lemak Anda.
  • Olahraga yang teratur
    Olahraga yang teratur.jpg
    Meski bekerja dengan sistem shift, ini bukan alasan Anda untuk tidak melakukan olahraga. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, lari, atau melakukan gerakan olahraga kecil lainnya. Anda dapat melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk menjaga tubuh agar tetap bugar.
  • Tidur yang cukup
    Tidur yang cukup.jpeg
    Bekerja dengan shift malam bukan alasan untuk tidak tidur. Bila memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan tidur disaat istirahat atau 30 menit sebelum berangkat kerja, yang nantinya akan membuat tubuh terasa lebih segar. Dan sisanya bisa Anda manfaatkan untuk istirahat setekah pulang kerja.
    Normalnya, waktu tidur yang cukup adalah selama 7-9 jam untuk orang dewasa. Waktu tidur yang cukup membuat Anda lebih fokus bekerja. Selain itu, juga dapat mencegah Anda terkena risiko penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes.
  • Konsumsi air mineral
    Konsumsi air mineral.jpg
    Perlu diketahui bahwa air dibutuhkan sebanyak 70% di dalam tubuh manusia dan ini menjadikan zat terpenting kedua setelah oksigen. Maka dari itu, perbanyak konsumsi air mineral merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan tidak kekurangan cairan.
  • Hindari konsumsi kafein atau minuman penambah energi
    Hindari konsumsi kafein atau minuman penambah energi.jpeg
    Bagi pekerja, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein atau penambah energi merupakan hal yang sudah biasa untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun, alangkah lebih baiknya jika tidak atau mengurangi minuman yang mengandung kafein atau penambah energi. Sebab, minuman tersebut bisa menyebabkan dehidrasi dan sulit tidur. Selain itu, minuman tersebut mengandung terlalu banyak gula yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s