Apakah Anda merasakan tanda-tanda ini? Jika ya, maka Anda sudah siap menjadi seorang manajer.

Manajer, ini lah posisi yang diinginkan banyak orang karena dianggap bergengsi. Banyak orang mengejar demi mendapatkan posisi menjadi seorang manajer di dalam sebuah perusahaan. Padahal penilaian baik atau tidaknya jabatan yang digenggam sangat bergantung pribadi orang itu sendiri.

Dilansir dari inc.com, terdapat 15 pengusaha dari Young Entrepreneur Council (YEC) untuk mengungkapkan salah satu tanda bahwa seseorang siap menjadi manajer jika:

  1. Tidak lagi berpikir “Saya” tetapi “Kita”

“Berangkat dari seorang karyawan untuk menjadi seorang manajer terjadi ketika anggota tim mencapai titik kritis. Ini biasanya puncak ketika mereka mulai memahami titik pandang dari sosok manajer. Carilah perubahan halus dalam perilaku anggota tim. Hal ini mungkin menjadi pilihan yang sederhana dari kata-kata. Dan biasanya seorang karyawan menggunakan istilah saya, atau milikku. Nmaun untuk mereka yang siap mengambil peran sebagai manajer yaitu mereka yang dapat menggunakan kata kita.” – Christophor Jurin, Construct-Ed, Inc.

  1. Anda bisa membuktikan untuk mengatur dan menempatkan diri sendiri

“Salah satu indikator bahwa seorang karyawan telah benar-benar bisa menjadi pemimpin yaitu ketika disaat mereka membutuhkan lebih sedikit waktu dalam mengelola. Mereka tahu apa yang perlu diselesaikan dan memastikan itu akan selesai. Mereka belajar untuk melihat peluang dan mengkoordinasikan sebuah tindakan dalam posisi mendesak. Satu-satunya cara seseorang untuk menjadi seorang manajer adalah jika mereka bisa mengelola permasalahan sendiri dan biasanya ini sudah cukup menjadi bukti bahwa mereka sudah siap menempati posisi ini.” – Brian Honigman, BrianHonigman.com

  1. Berani bertanggung jawab

“Sebuah tanda dari seorang pemimpin yaitu siap untuk mengambil peran manajerial dan mampu untuk mengambil tanggung jawab untuk dirinya sendiri dan tim. Dengan begitu, orang-orang yang berada dalam kepemimpinan Anda akan menghormati jika Anda mengambil keputusan, terlepas dari hasil yang akan didapat.” – Phil Chen, Systems Watch

  1. Menunjukan kecerdasan di waktu yang tepat

“Manajer yang baik yaitu seseorang yang tidak hanya mengelola tugas-tugas yang ada, tetapi juga harus berani mengambil inisiatif dalam menciptakan atau meningkatkan tugas-tugas lain dan proses lainnya merupakan untuk kepentingan perusahaan. Seseorang yang berpotensi menjadi manajer dapat menunjukan sifat-sifat ini dan cenderung untuk menunjukan kecerdasannya serta memiliki pemikiran yang kritis. Dan mereka harus siap bertanggung jawab lebih.” – Firas Kittaneh, Amerisleep

  1. Dapat menemukan “jalan keluar” ketika dihadapkan dengan masalah

“Saya selalu melihat tim saya untuk membawakan saya solusi daripada masalah. Manajer yang baik akan memahami dan menguasai bentuk seni ini.” – Mina Chang, Linking the World.

  1. Membantu orang lain

“Ketika saya melihat salah satu dari anggota saya mengalami kesulitan, ini adalah sebuah clue. Jika seseorang memiliki janji untuk mencari dan memberikan jawaban, mereka berada di jalan yang dapat bergerak naik menuju ke sebuah manajemen. Ketika mereka membantu tim lain dan masih bisa menyelesaikan pekerjaan utamanya, itulah arti yang sebenarnya dari manajer yang baik.” – Joshua Lee, StandOut Authority.

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s