Selama-lamanya karyawan bekerja di sebuah perusahaan, pasti akan resign jika waktunya sudah tiba.

Seorang karyawan yang resign dari pekerjaan sebelumnya tentu ada alasan yang melatarbelakangi mengapa mengambil keputusan tersebut. Namun yang perlu diperhatikan, Anda sebaiknya tidak menceritakan konflik pribadi di perusahaan sebelumnya.

Sebelum menghadapi wawancara kerja pastikan Anda sudah menyiapkan perkiraan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan nanti oleh HR. Salah satu pertanyaan yang biasanya akan ditanyakan adalah “Mengapa Anda resign dari pekerjaan di perusahaan sebelumnya?”. Pertanyaan ini biasa ditanyakan oleh HR dengan alasan karena mereka ingin mengetahui track record selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

Banyak diantara career seekers yang kelihatan kebingungan saat menghadapi interview kerja ketika ditanya pertanyaan tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  • Berikan jawaban yang positif
    Sebelum memberikan alasan mengapa resign, baiknya terlebih dahulu Anda menjelaskan bagaimana pengalaman yang telah diberikan perusahaan sebelumnya dan pelajaran-pelajaran apa saja yang sudah didapatkan dari perusahaan tersebut. Setelah itu, Anda bisa memberikan alasan mengapa resign dari kantor lama. Namun perlu diketahui, apapun masalah yang Anda dapatkan di perusahaan sebelumnya, sebaiknya jangan memberikan jawaban yang negatif kepada HR. Jawablah dengan pernyataan yang dapat mengesankan pewawancara, namun tetap harus jawaban yang jujur dan tidak melebihkan.
  • Fokus ke masa depan
    Jika mendapati pertanyaan diatas saat wawancara kerja, jangan hanya fokus ke permasalahan yang membuat Anda mengambil keputusan untuk mengundurkan diri. Anda harus menjawabnya dengan alasan bahwa Anda ingin mendapatkan posisi yang lebih baik dan sesuai dengan passion. Tunjukkan kalau Anda memiliki keinginan yang kuat dan berkembang di perusahaan yang sedang Anda lamar.
  • Mencari tantangan baru
    Alasan ini memang sangat umum dilontarkan oleh career seekers ketika sedang wawancara kerja. Walaupun begitu, memberikan dengan alasan mencari tantangan baru merupakan hal yang pas untuk digunakan dalam menutupi kekurangan dari perusahaan yang lama.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s