Yoris Sebastian, pengarang buku Oh My Goodness menuliskan dalam bukunya bagaimana melatih kebiasaan kreatif, salah satunya dengan melakukan hal berbeda setiap harinya. Seperti yang kita tahu, kreativitas bukanlah sesuatu yang bersifat bawaan, tetapi sesuatu yang kita ciptakan dan kembangkan. Nah, dengan melakukan kebiasaan kreatif, kita akan terus menciptakan sesuatu di luar nalar yang menjadikan kita merasa lebih muda. Benarkah? Bagaimana caranya?

  1. Perbanyak bergaul dengan anak muda

perbanyak bergaul dengan anak mudaMengapa harus bergaul dengan anak muda? Tak dipungkiri, bergaul dengan anak muda bisa membuat pikiran selalu fresh. Perbedaan umur dan tingkat kerja akan memancing banyak inspirasi, misalnya: kita jadi lebih tahu tentang keinginan dan kesukaan generasi muda saat ini. Bagi yang berkecimpung di industri kreatif hal ini mungkin sudah menjadi rahasia umum.

  1. Banyak bertanya

Banyak bertanyaPepatah mengatakan, “malu bertanya sesat di jalan”, mengapa demikian? Karena dengan bertambahnya usia terkadang kita melupakan hal-hal kecil sepeti bertanya. Padahal, bertanya bisa menimbulkan pemikiran dan pencerahan yang mungkin belum kita tahu sebelumnya.

  1. Cukupi diri dengan olahraga

Cukupi diri dengan olahraga.jpegIni dia! Olahraga seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang yang menganggap dirinya terlalu sibuk sehingga tak bisa menyisihkan sedikit waktunya untuk menyehatkan diri. Anda kah salah satunya? Jika iya, mulailah cukupkan diri dengan berolahraga, tak perlu dilakukan setiap hari, seminggu 3 kali pun sudah cukup.

  1. Up-to-date

Up-to-date.jpgSelain tubuh, otak manusia juga perlu menerima asupan setiap hari agar fungsinya tetap berjalan dengan seimbang. Jika otak kiri kerap digunakan untuk mencerna sesuatu yang serius, cobalah gunakan otak kanan yang terkenal unggul dalam hal kreativitas. Mencari tahu informasi terkini, baik dari media cetak, media online, ataupun dari percakapan ringan bersama teman bisa menjadi solusinya.

  1. Hadiri pameran atau seminar

Hadiri pameran atau seminar.jpgTanpa disadari, ketika menghadiri pameran atau seminar, tubuh dan otak kita sedang menyerap energi positif sekalipun itu bukan seminar tentang motivasi. Selain energy positif, kita juga bisa mendapat hal lain seperti kenalan baru, topik obrolan baru, dan pastinya ide-ide kreatif yang baru.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s