“Harapan awal saya melengkapi resume hanya untuk syarat mengikuti Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan agar mendapat panggilan dari HRD saja, taunya dapat hadiah juga.” Ujar April Nurul Cholifah, salah satu pemenang bulanan #getCvgetPRIZE.

Sudah lebih dari sebulan ini Karir.com menyelenggarakan campaign #getCVgetPrize yang bertujuan agar para seekers mendapatkan pekerjaan yang diimpikan dan HR mendapatkan kandidat yang sesuai harapan.

Apa saja keuntungan mengikuti #getCVgetPRIZE?

Selain berkesempatan mendapat 2 (dua) buah smartphone dan 5 voucher pulsa masing-masing senilai 150 ribu, tantangan ini juga mengantarkan seekers pada HR perusahaan yang dituju. Seru banget kan? Bahkan, April sempat tidak menyangka akan menjadi salah satu pemenangnya, alih-alih melengkapi resume untuk mengikuti program CRP (Customized Recruitment Project) yang diadakan Karir.com & Coca-Cola Amatil Indonesia, April justru mendapatkan hadiah smartphone yang membawa langkahnya ke kota Surabaya.

IMG-Blog-Campaign-Lengkapi-Resumemu-PemenangHP01-900x600Sama halnya seperti April, Rizka Yuliana juga sangat senang ketika tahu bahwa dirinya menjadi pemenang bulanan sekaligus direkomendasikan ke HR perusahaan ternama dari #getCVgetPRIZE ini. “Senangnya direkomendasikan ke HR perusahaan ternama sekaligus dapat hadiah Smartphone gratis saat melengkapi resume di Karir.com.” Di sisi lain, April juga membagikan pengalaman mencari kerjanya di Karir.com yang cepat dan mudah. Menurutnya, “Karir.com merupakan situs untuk mencari kerja yang terpercaya dengan tampilan menarik dan fitur yang beragam, diantaranya: tes EFSET, tes Gaya Komunikasi, tes Minat, juga Cek Gaji yang sangat membantu, khususnya bagi fresh graduate.”

Nah, sebenarnya resume lengkap itu seperti apa sih?

Resume dikatakan lengkap apabila semua terisi dan terjawab (indikator menunjukkan 100%). “Resume lengkap buatku adalah menjabarkan apa yang pernah kita lakukan, contohnya saja saat saya melengkapi deskripsi pekerjaan dengan maksud agar ketika HR melihat profil saya, HR tahu apa saja yang pernah dan bisa saya kerjakan”, terang Rizka.

Kenapa resume perlu dilengkapi?

Dari 396 HR responden, 96% diantaranya mengatakan kualitas pelamar ditentukan dari resume yang dibuat. Hal tersebut mungkin bisa jadi jawaban dari banyaknya pertanyaan “kenapa sih belum juga dapat panggilan kerja padahal sudah apply kesana-kemari?” Memang benar, untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan selalu dibutuhkan usaha yang sungguh-sungguh. Beberapa hari setelah resumenya lengkap, Rizka dihubungi HR. Wah… bagaimana kalau hal ini juga terjadi pada Anda?

Keberuntungan akan menyapa siapa saja yang berusaha. Terlebih, daya saing menjadi salah satu alasan kemenangan dalam mendapatkan pekerjaan. Hal ini diperkuat dengan data Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan, yang mencatat ada sekitar 750 ribu lulusan pendidikan tinggi baru setiap tahunnya. Jadi, sudah sepatutnya kita mengambil langkah besar, yang bisa diawali dengan melengkapi CV/resume agar menimbulkan kesan positif di mata HR. Tak perlu khawatir dalam melengkapi dan menyebarkan resume, karena saat ini Anda bisa melengkapi dan mengirimkannya di mana saja dan kapan saja.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s