Siapa diantara Anda yang merasa tiap harinya merasa kurang produktif di kantor? Mungkin salah satu faktornya karena Anda kurang tidur. Umumnya, tidur menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi semua orang. Tidur yang tidak teraturakan beraktibat buruk bagi tubuh Anda dan biasanya ini akan menimbulkan gangguan kesehatan jika dibiasakan secara terus menerus.

Maka dari itu, Anda sangat dituntut untuk tidur atau istirahat yang teratur demi menjaga kesehatan, tubuh tetap bugar, peredaran darah menjadi lebih lancar dan tetap produktif ketika di kantor. Namun, bagaimana cara memperbaiki pola tidur yang tidak teratur?

  • Buat jadwal tidur dan bangun
    Buat jadwal tidur dan bangun (2)
    Selain niat, ada lagi yang penting, yaitu membuat serta mengatur jadwal tidur dan bangun. Sebab, batas normal orang dewasa tidur membutuhkan waktu minimal 7 jam hingga 9 jam. Misal, buatlah jadwal tidur paling lambat jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi. Coba rutinkan jadwal yang sudah diatur selama seminggu penuh. Anda akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang teratur dan merasakan perubahannya ketika di kantor. Tiap pagi yang biasanya sering merasa kantuk ketika jam kerja, dengan jadwal yang rutin ini, Anda tidak lagi merasa kantuk.
  • Sisipkan waktu untuk berolahraga
    Sisipkan waktu untuk berolahraga
    Setelah bangun lebih pagi, biasakan sisipi olahraga ringan, seperti yoga atau berjalan disekitar halaman rumah. Dengan cara ini, Anda akan terasa menjadi lebih bugar dan juga lebih bersemangat pada saat menjalankan akivitas-aktivitas berikutnya.
  • Asupan makanan dan minuman juga penting untuk di jaga
    Buat jadwal tidur dan bangun (2)
    Ternyata asupan makanan dan minuman juga berpengaruh lho terhadap pola tidur. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan insomnia, dimana kondisi badan sulit untuk tidur. Untuk menghindarinya, biasakan untuk minum air putih saat bangun tidur untuk memperlancar peredaran darah, hindari minuman yang mengandung kafein di sore hari, selain itu makanlah makanan yang bergizi seperti oatmeal, pisang dan juga kacang-kacangan.
  • Ciptakan kamar tidur yang nyaman
    Ciptakan kamar tidur yang nyaman
    Kamar tidur merupakan ruang pribadi yang paling penting. Anda bisa menghabiskan banyak waktu di kamar tidur dengan berbagai macam aktivitas. Maka dari itu, sebaiknya kamar tidur harus ditata senyaman mungkin. Memiliki kamar tidur yang rapi dan nyaman juga akan membantu pola tidur menjadi lebih baik.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s