Pentingnya membedakan sikap ketika berada di dalam dan di luar tempat kerja ternyata berpengaruh pada tingkat profesionalitas dalam bekerja. Bagaimana tidak? Kalau saja semua orang menyamaratakan perilakunya saat berada di rumah dan di kantor, mungkin bukan hanya pekerjaan yang tidak terselesaikan, tapi juga hubungan sosial yang tidak baik akan jadi akibatnya. Untuk itu, Anda perlu melakukan lima hal ini kalau ingin terlihat profesional:

  1. Selalu terlambat

Selalu terlambat.jpg

Lambat laun orang di sekeliling Anda akan menyadari keterlambatan Anda. Jika hanya sesekali atau dua kali tak masalah, tapi jika dilakukan terus-menerus itu akan menumbuhkan stigma negatif bagi diri Anda sendiri.

  1. Terlalu ikut campur masalah pribadi rekan kerja

Terlalu ikut campur masalah pribadi rekan kerja.jpeg

Terlalu sering bercanda membuat kita merasa sudah memiliki kedekatan layaknya sahabat. Padahal, Anda sendiri menyadari untuk tidak menceritakan masalah pribadi kepada siapapun, tapi karena rasa penasaran, Anda bertanya hingga berulang-ulang. Hal ini akan membuat rekan kerja Anda merasa tidak nyaman/risih.

  1. Memainkan smartphone setiap waktu

Memainkan smartphone setiap waktu

Bagaimana jadinya kalau 10 menit bekerja 20 menit main smartphone? Tugas Anda mungkin tetap selesai, tapi kalau bisa menyelesaikannya tepat waktu akan lebih baik bukan? Untuk itu, sebaiknya hindari bermain smartphone terlalu sering, kecuali yang berhubungan dengan pekerjaan.

  1. Membeberkan keburukan bos di sosial media

Membeberkan keburukan bos di sosial media.jpg

Wah, kalau sudah bawa-bawa sosial media kita memang harus berhati-hati. Sekesal apapun pada atasan atau rekan kerja, hindari curhat di sosial media. Curhat di sosial media mungkin sedikit membuatmu merasa lega, tapi efek setelahnya orang lain akan mengetahui apa yang Anda rasa dan bisa jadi orang yang melihat status Anda tersebut melaporkannya.

  1. Bergosip

Bergosip.jpg

Gosipin rekan kerja karena penampilannya tak menarik? Sebaiknya jangan dilakukan, karena setiap orang punya cara sendiri dalam berpenampilan. Terlebih kalau gosip ini melebar ke banyak orang, bukan hanya orang yang Anda gosipkan yang jelek, tapi juga diri Anda sendiri.

Nah, kalau kelima hal di atas bisa Anda hindari, bukan hanya profesionalitas yang Anda dapat, tapi juga kepercayaan dari lingkungan sekitar Anda.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s