Pernah merasa tidak setuju dengan pemikiran bos tapi takut menyampaikannya? Sebaiknya tak perlu takut, siapa tahu ide Anda dapat membawa perubahan dan kemajuan bagi perusahaan. Tapi, bagaimana caranya?

1. Pahami terlebih dahulu maksudnya
Pahami terlebih dahulu maksudnyaBos atau atasan tentunya berhak untuk menentukan apa yang selanjutnya akan dilakukan untuk perkembangan kantor. Tapi, saat Anda merasa idenya tidak sesuai dengan ide Anda, sebaiknya dipahami terlebih dahulu, siapa tahu ide Anda dan idenya bisa dikolaborasikan untuk kemajuan perusahaan.
2. Coba jelaskan apa yang menjadi gagasan Anda
Coba jelaskan apa yang menjadi gagasan Anda.jpegTidak setuju bukan berarti Anda diam saja karena takut kalau berbicara nantinya malah jadi salah. Anda bisa menjelaskan apa yang menjadi gagasan Anda, kalau ternyata ide Anda lebih bagus, bos Anda pasti akan mempertimbangkannya. Dengan berani menjelaskan gagasan pada bos atau atasan, Anda juga akan dipikir sebagai orang yang demokratis.
3. Tidak memotong pembicaraan
Tidak memotong pembicaraan.jpgJangan karena idenya tidak sesuai, Anda menjadi acuh dan tidak mau mendengarkan, terlebih jika Anda memotong pembicaraan, bukannya ide Anda akan didengar, hal ini justru membuat Anda kehilangan respect dari bos Anda.
4. Tetap pada prinsip tapi tidak keras kepala
Tetap pada prinsip tapi tidak keras kepala.jpgKalau ternyata bos Anda tidak setuju dengan ide yang Anda berikan, jangan langsung menyerah dan putus asa. Bisa jadi, bos Anda sedang menguji seberapa yakin Anda dengan statement yang Anda keluarkan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengemukakan dua sisi, dampak baik dan dampak buruk, serta gambaran pengerjaan ide Anda nantinya. Sehingga bos Anda akan berpikir ulang untuk menolaknya, karena Anda dinilai sudah mempelajari ide Anda sebelum berbicara. Tapi jika dengan hal tersebut ide Anda masih mendapat penolakan, jangan bersikap keras kepala, karena Anda bekerja bukan hanya untuk kepentingan pribadi. Tetaplah berusaha menjadi yang terbaik agar di kemudian hari ide Anda menjadi ide yang paling dinantikan.
5. Tetap bersikap profesional
tetap bersikap profesional.jpgNah, kalau idenya membebani pekerjaan, sampaikan saran agar segera ditemukan solusinya. Selanjutnya, tetaplah bersikap profesional dengan menjalani ide yang sudah disetujui atas kesepakatan bersama.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s