Bertahan di tempat bekerja saat ini memang terbilang tidak mudah, terlebih jika peluang di luaran lebih menarik. Hal lain yang membuat sebagian millennial tak betah bekerja lama-lama di satu kantor disebabkan oleh beberapa faktor, seperti konflik dengan rekan kerja, beban pekerjaan terlalu banyak, hingga hubungan dengan atasan yang kurang baik.

Lalu bagaimana caranya agar tetap bertahan lama di tempat kerja saat ini?

  1. Menyampaikan pendapat

Menyampaikan pendapat.jpegHampir rata-rata pekerja tak mampu menyampaikan pendapatnya. Padahal, pendapat bisa menjadi nilai plus, karena siapa tahu pendapat kita dibutuhkan untuk perkembangan perusahaan. Tetapi, tak jarang juga yang salah cara dalam menyampaikan pendapatnya. Untuk itu, agar tak salah berbicara, Anda bisa menggunakan catatan kecil agar pernyataan yang sudah diucapkan bisa disampaikan secara berurutan tanpa takut salah lagi.

  1. Konflik diselesaikan sampai tuntas

Konflik diselesaikan sampai tuntas.jpegTerjadinya konflik dalam dunia kerja sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Biasanya konflik terjadi disebabkan karena miss communication. Saat konflik terjadi, sebagai orang yang bertujuan membawa perubahan baik, sebaiknya mengadakan rapat bersama dan didiskusikan kembali pangkal masalahnya. Karena jika terus mempermasalahkan siapa, konflik akan terus menjadi konflik.

  1. Memberi dan menerima kritik serta saran

Memberi dan menerima kritik serta saran.jpegBerhati-hatilah dalam memberikan kritik maupun saran! Mengapa demikian? Saat seseorang dalam keadaan emosi, Anda tak perlu memberikan kritik, karena itu hanya akan membuat lawan bicara Anda marah. Kritik dan saran bisa Anda berikan di waktu yang tepat, misalnya saat Anda dan orang tersebut terlibat pertemuan berdua, bukan saat meeting yang pendengarnya lebih dari satu. Anda juga bisa menambahkan sedikit pujian yang tujuannya untuk menyemangati rekan Anda saat sedang merasa down.

  1. Lebih tenang dalam menanggapi sesuatu

Lebih tenang dalam menanggapi sesuatu.jpegPernah merasa panik ketika sesuatu berjalan tak sesuai rencana? Mungkin hal ini perlu Anda perbaiki mulai sekarang. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan langkah kecil seperti latihan nafas, perbanyak minum air putih, atau mendengarkan musik dengan alunan lembut.

  1. Menjadi sosok pendengar yang baik

Menjadi sosok pendengar yang baik.jpegSelain kemampuan merespon, kemampuan mendengarkan yang baik juga diperlukan agar Anda bisa bertahan di tempat kerja saat ini. Orang akan sangat mengapresiasi dan merasa membutuhkan Anda karena baginya Anda adalah orang yang tepat untuk mendengarkan keluh kesahnya.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s