“semua akan resign pada waktunya”

Pasti Anda pernah mendengar kalimat seperti itu! Resign merupakan suatu yang lumrah dan wajar terjadi di setiap perusahaan. Memutuskan untuk resign dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor external maupun internal. Misalnya, saja Anda mendapatkan tawaran lain yang lebih baik di perusahaan lain, atau Anda memiliki masalah dengan rekan atau atasan di perusahaan.

Apapun alasan yang memutuskan Anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan sebaiknya lakukan dengan baik-baik demi menjaga nama baik Anda. Naah, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan.

  • Sampaikan dengan lisan terlebih dahulu kepada atasan Anda
    Sampaikan dengan lisan terlebih dahulu kepada atasan Anda

    Jika Anda sudah yakin ingin mengundurkan diri dalam keadaan yang baik dan tetap menginginkan hubungan baik dengan atasan, sebaiknya sampaikan rencana pengunduran diri secara lisan terlebih dahulu. Dan pastikan bahwa atasan Anda adalah orang pertama yang mengetahui mengenai pengunduran diri Anda. Hal ini untuk menunjukan bahwa Anda sudah menghargai atasan Anda untuk tetap berhubungan baik dengannya.
  • Jangan lupa, sertakan surat pengunduran diri minimal satu bulan sebelumnya
    Jangan lupa, sertakan surat pengunduran diri minimal satu bulan sebelumnya
    Tidak hanya memberikan laporan pengunduran diri melalui lisan, Anda harus tetap menyertakan surat sebulan sebelum tanggal resign. Hal ini sangat penting dilakukan agar perusahaan memiliki waktu cukup untuk menggantikan posisi Anda. Sebab pengunduran diri yang mendadak akan merepotkan perusahaan dan membuat image Anda buruk.
  • Tetap produksif dan selesaikan semua pekerjaan yang tersisa sampai hari terakhir bekerja
    Tetap produksif dan selesaikan semua pekerjaan yang tersisa sampai hari terakhir bekerja

    Jika sudah mengajukan surat pengunduran diri, memang akan membuatmu lebih terlihat santai namun Anda masih memiliki kewajiban untuk menyelesaikan semua tigas-tugas yang belum rampung. Biasanya, perusahaan akan memberikan waktu satu bulan sebelum Anda resign yang bisa digunakan untuk mentuntaskan semua kewajiban dan memberikan kesempatan pada perusahaan untuk mendapatkan orang lain yang bisa menggantikan posisi Anda. Dalam waktu sebulan sebelum Anda resign, akan terlihat seberapa profesionalnya Anda untuk menyelesaikan kewajiban hingga hari terakhir di perusahaan tersebut tiba.

 

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s