Canggung, kaku, malu sangat wajar terjadi ketika Anda bekerja di kantor baru.

Mendapatkan pekerjaan baru tandanya Anda harus siap menerima dengan sgala perubahan, baik berupa gaji, teman kerja, lingkungan, bos, hingga peraturan yang baru. Rasa cemas, canggung hingga malu kadang sering terjadi di hari pertama bekerja.

Nah, satu hal yang penting dan harud dilakukan oleh Anda yaitu beradaptasi. Ya, memang tidak semua orang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Dan berikut ini ada beberapa cara beradaptasi yang bisa Anda lakukan ketika bekerja di kantor baru.

  • Bersikaplah sopan
    Bersikaplah sopan
    Biasakan Anda bersikap sopan kepada siapapun, baik itu teman hingga rekan kerja di kantor baru. Hal ini harus dilakukan agar memperlancar adaptasi Anda kepada lingkungan kantor yang baru. Selain itu, ini berguna untuk Anda disaat membutuhkan bantuan pekerjaan. Dengan begitu Anda akan mudah mendapatkan rekan kerja dan beradaptasi dengan baik di kantor baru.
  • Berbaur ketika istirahat
    Berbaur ketika istirahat
    Untuk membuat kesan yang positif, hal yang harus Anda lakukan yaitu cobalah berbaur dengan rekan kerja yang baru. Coba untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dan senyum ketika disapa. Dan ketika makan siang tiba, inilah saat yang tepat untuk Anda melakukan pendekatan dengan rekan kerja. Cobalah ajak makan siang bersama dan gunakan waktu ini untuk mengobrol dengan mereka.
  • Jangan malu bertanya
    Jangan malu bertanya
    Sebagai karyawan baru, Anda diharapkan memiliki inisiatif yang tinggi. Karena itu, jika Anda mendapati kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan, jangan pernah malu bertanya kepada atasan. Atasan Anda pasti akan memakluminya dan memberikan penjelasan. Ketika atasan Anda sedang memberikan penjelasan, jangan lupa catat apa saja yang penting lalu setelah itu kerjakan langsung pekerjaan dan jangan pernah menunda-nunda. Tunjukkan bahwa Anda tipe pekerja yang cepat menangkap sesuatu yang baru.
  • Ubah cara berpikir
    Ubah cara berpikir
    Yang penting Anda lakukan ketika bekerja di kantor baru yaitu ubahlah cara atau pola berpikir. Sebagai karyawan baru, tentunya Anda perlu menyesuaikan diri dengan rekan kerja yang baru. Maka, jangan pernah berpikir bahwa rekan kerja Anda yang baru harus atau bisa memahami sifat dan karakter Anda. Jadi, Anda lah yang harus belajar bagaimana menempatkan diri diantara rekan kerja yang baru.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s