Dengan alasan menjalankan ibadah puasa, kadang membuat sebagian orang merasa produktivitasnya menurun saat bekerja. Perubahan pola hidup dan kebiasaan dalam sehari-hari selama bulan Ramadan membawa pengaruh pada stamina dan konsentrasi bagi yang sedang menjalankan puasa. Seharusnya hal ini tak perlu terjadi, sebab saat berpuasa pun kewajiban dan tuntutan bekerja tetap ada.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga produktivitas Anda tetap terjaga saat berpuasa.

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa
    Perhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.jpeg

Ketika berpuasa terkadang kita sering khilad ketika memasuki waktu sahur maupun berbuka puasa. Apapun yang ada di meja makan pasti ingin dihabiskan. Perlu diingat bahwa makanan yang dikonsumsi saat berpuasa sangatlah berpengaruh terhadap produktivitas kerja kita. Terutama saat sahur, karena makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh selama aktivitas di siang hari. Jadi, pilih makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih. Air putih juga memiliki peran penting dalam tubuh, terutama dalam menjaga kadar oksigen tubuh agar tidak mudah merasa lemas dan kantuk.

  • Istirahat cukup
    Istirahat cukup

Istirahat yang cukup juga bisa membantu dalam menjaga produktivitas saat berpuasa. Jangan pernah memforsir diri Anda untuk dalam bekerja. Selain itu, jaga pola tidur Anda selama puasa. Dengan pola tidur yang kurang dari 7 jam per hari akan memberikan dampak yang buruk saat siang harinya, seperti penurunan daya ingat, sulit berkonsentrasi dan lemas.

  • Kurangi aktifitas yang kurang penting
    Kurangi aktifitas yang kurang penting

Biasakan selama berpuasa untuk mengurangi aktifitas yang kurang penting. Buatlah skala prioritas mengenai apa saja yang harus dan tidak perlu dilakukan. Misalnya kegiatan yang kurang penting yaitu begadang untuk nonton bola, atau memainkan sosial media hingga larut malam.

  • Hindari lembur
    Hindari lembur

Anda yang bekerja dari pagi hingga sore, coba usahakan untuk jangan sampai menunda pekerjaan yang bisa membuat Anda untuk lembur dan menyelesaikan tigas tersebut. Sebab, saat berpuasa, Anda memerlukan banyak energy, terlebih ketika Anda diharuskan bangun dini hari untuk sahur.

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s