Kalau empat hal ini sudah dilakukan, Anda bisa sukses dalam psikotes.

Psikotes merupakan fase yang harus dilewati setiap pelamar kerja sebelum akhirnya bertemu dengan user dan menemukan posisi yang diinginkan. Sehingga sebagian dari mereka mencari cara agar dapat lolos di tahapan ini karena hanya selangkah lagi menuju karir impian. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar sukses dalam psikotes? Berikut jawabannya:

  1. Persiapkan diri sebaik mungkin

Persiapkan diri sebaik mungkin.jpegPersiapan apa yang sebaiknya dilakukan jelang psikotes? Anda bisa mulai mencari tahu apa saja yang biasanya keluar di soal psikotes, berlatih mengerjakan soal-soal tersebut, dan persiapan mental tentunya. Bagi sebagian orang psikotes dianggap menakutkan, sebagian lainnya justru menunggu saat psikotes tiba. Meskipun tak lolos dalam ujian, setidaknya pengalaman dapat dijadikan bekal dan pelajaran untuk sukses nantinya. Beberapa hari sebelum psikotes dimulai, Anda disarankan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan & istirahat yang cukup agar stamina tetap terjaga.

  1. Jujur

JujurJika dari awal saja Anda sudah berbohong, bagaimana hasil akhirnya? Psikotes bukan hanya persoalan benar atau salah, tapi juga jujur atau tidak. Selain kejujuran, konsistensi juga diperlukan.

  1. Manfaatkan waktu dengan bijak

Manfaatkan waktu dengan bijak.jpegDikarenakan pertanyaan yang diberikan terlampau banyak dengan tipe soal berbeda-beda, Anda perlu memanfaatkan waktu dengan bijak. Biasanya akan ada batasan waktu dalam pengerjaan soal psikotes, tapi tak perlu terburu-buru, kerjakan sesuai kemampuan Anda dengan penuh percaya diri. Agar tidak gugup, Anda bisa berlatih mengerjakan soal psikotes dipacu oleh waktu. Semakin sering Anda berlatih maka akan semakin terbiasa.

  1. Berdoa

Berdoa.jpegTerlepas dari segala usaha yang telah dilakukan, ada baiknya untuk berdoa. Dengan berdoa semua persoalan pasti ada jalan keluarnya, begitu juga dengan impian, pasti ada saja jalannya. Hal terpenting adalah sudah berusaha semaksimal mungkin, hasil akhirnya biar Tuhan yang menentukan.

Selain keempat tips di atas, Anda bisa melakukan refreshing sehari sebelum psikotes diadakan dan jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Faktor kegagalan psikotes paling utama adalah gugup saat mengerjakan soal-soalnya dan terlalu terburu-buru. Semoga sukses selalu.

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s