Dalam dunia pekerjaan, kesan pertama adalah hal yang utama. Kenapa? Karena pandangan pertama ini bisa jadi berpengaruh pada perjalanan karir kita ke depan. Nah, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan agar dapat memberi kesan baik di hari pertama kerja? Berikut ulasannya:

  1. Selalu sisipkan senyum

Selalu sisipkan senyum.jpegBagaimana jadinya ketika Anda melihat karyawan baru tapi tidak suka tersenyum? Hal ini juga berlaku untuk siapapun termasuk diri sendiri. Senyum sebenarnya adalah hal yang mudah, tapi masih banyak orang yang enggan melakukannya. Alasannya beraneka ragam, ada yang merasa takut dianggap SKSD (Sok Kenal Sok Dekat), ada juga yang takut dianggap pencitraan. Untuk menghindari ketakutan akan dua hal tadi, Anda bisa mulai menganggap semua orang yang Anda temui adalah teman, dengan begitu Anda takkan canggung untuk menebarkan senyum pada siapapun.

  1. Inisiatif tinggi

Inisiatif tinggi.jpgMau jadi karyawan teladan? Coba miliki inisiatif yang tinggi. Kebanyakan karyawan menunggu perintah atasan terlebih dahulu, baru dikerjakan. Padahal kalau saja semua pekerjaan diselesaikan sebelum waktunya, ini akan menjadi nilai lebih. Nah, sebagai orang baru, ini kesempatan Anda untuk membangun citra baik.

  1. Ketika sedang berdiskusi, bangun kontak mata langsung yang baik

Ketika sedang berdiskusi, bangun kontak mata langsung yang baik.jpegTatap mata mungkin dianggap sepele, tapi hal ini sangat memengaruhi kenyamanan saat berdiskusi dengan lawan bicara. Bayangkan saja ketika Anda asyik berbicara tentang berbagai topik yang sedang tren, tapi lawan bicara Anda justru tidak memerhatikan dan malah bermain gadget. Bagaimana rasanya? Kontak mata secara langsung mengandung arti tersirat bahwa Anda adalah orang yang sangat menghargai pembicaraan.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik.jpgSelain kontak mata secara langsung, penting untuk mendengarkan secara seksama apa yang teman Anda bicarakan. Anda akan dianggap sebagai seseorang yang antusias ketika menjadi pendengar yang baik. Bukan hanya saat berbicara, sebaiknya saat sedang mendengarkan lawan bicara bercerita jauhkan gadget dari sisi Anda. Jika ada sesuatu yang penting, Anda bisa meminta izin untuk mengalihkan pembicaraan pada lawan bicara.

  1. Berbicara hal yang positif

Berbicara hal yang positif.jpegSebagai orang yang baru memulai pembicaraan, pastikan hanya hal-hal baik yang Anda utarakan. Seperti basa-basi tentang lingkungan sekitar atau obrolan ringan seputar hobi. Siapa tahu, dengan kesamaan hobi Anda jadi lebih mudah untuk beradaptasi dan diterima di lingkungan kerja yang baru.

Jadi, sudah siap menebarkan aura positif kepada rekan kerja Anda?

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s