Apa yang akan Anda lakukan ketika wawancara kerja telah selesai? Pasti Anda akan bertanya-tanya apakah wawancara kerja berjalan dengan sukses atau gagal.

Memang proses wawancara kerja menjadi hal yang paling mendebarkan. Terlebih ketika Anda sudah keluar dari ruangan wawancara kerja untuk dipersilahkan pulang dan disuruh menunggu bahwa perusahaan berjanji akan mengontak Anda kembali ketika diterima. Sebenarnya Anda sudah bisa mengetahui hasil dari wawancata kerja bahwa diterima atau tidak lewat beberapa sinyal-sinyal berikut ini pada saat interview berlangsung.

  • Negosiasi gaji
    Negosiasi gaji.jpg
    Jika pada saat proses wawancara kerja Anda mendapatkan pertanyaan “Berapa gaji Anda sekarang?” atau “Berapa gaji yang Anda inginkan dari perusahaan kami?” itu menandakan bahwa tahapan ini merupakan dimana Anda harus mengambil sebuah keputusan, apakah siap ambil atau lepas kesempatan baru ini.
    Namun, biasanya ketika HRD sudah menanyakan prihal gaji, ini sudah bisa dikatakan bahwa Anda sudah 90% lolos dalam tahap wawancara kerja. Namun, perlu diingat Anda harus tetap menjawabnya dengan bijak, sebab negosiasi gaji hanyalah sinyal-sinyal Anda berhasil sebelum surat kontrak kerja diserahkan.
  • “Kapan Anda bisa bergabung dengan kami?”
    Kapan Anda bisa bergabung dengan kami
    Jika diakhir proses wawancara kerja Anda mendapatkan pertanyaan “Kapan Anda bisa bergabung dengan kami?” Selamat! Inilah tanda positif dari wawancara kerja telah berhasil dan hampir dapat dipastikan Anda bisa bergabung dengan perusahaan tersebut. Biasanya, jika Anda masih bekerja di perusahaan sebelumnya, pihak HRD dari perusahaan akan memberikan kesempatan untuk merampungkan pekerjaan Anda di perusahaan tersebut, lalu setelah semuanya rampung dan Anda siap bekerja di tempat yang baru.
  • Mengajak bertemu dengan rekan kerja lainnya
    Mengajak bertemu dengan rekan kerja lainnya
    Wawancara kerja tidak hanya berakhir pasa momen tanya jawab saja. Walaupun jarang terjadi, ketika wawancara sudah selesai, pihak HRD akan membawamu keliling kantor untuk memperkenalkan Anda dengan rekan kerja lainnya. Hal tersebut mendandakan bahwa peluang Anda untuk diterima kerja di perusahaan tersebut semakin besar.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s