Menjadi pramugari adalah salah satu pilihan berkarir yang menjanjikan bagi perempuan Indonesia. Kenapa menjanjikan?

Menjadi Pramugari memiliki beberapa keuntungan yang masih banyak orang belum tahu. Seperti, gaji besar, menikmati perjalanan gratis baik dalam maupun ke luar negeri, bonus yang menarik, hingga pengalaman bertemu dengan orang-orang tersohor di dunia.

3T5A9849.JPGNah, untuk menjadi seorang Pramugari juga bukan hal yang mudah. Proses yang dilalui cukup panjang tapi sangat menyenangkan. Pertama, calon Pramugari perlu mendaftar melalui online, melengkapi resume, dan menyelesaikan Tes Bahasa Inggris serta Tes Gaya komunikasi.

Kedua, calon Pramugari akan diukur tinggi dan berat badannya atau tes Body Mass Index (BMI), tujuannya ialah untuk mengetahui apakah calon Pramugari memenuhi persyaratan. Kenapa harus ukur berat dan tinggi badan? Seperti yang kita tahu, sebelum Pramugari dibekali dengan pendidikan seperti keamanan dan lainnya, services menjadi hal pertama yang harus dikuasai karena pekerjaan Pramugari hakikatnya melayani penumpang dan memastikan kebutuhan serta keselamatan penumpang terjamin dengan baik.

Jika lolos di tahap administrasi dan BMI, calon Pramugari akan melalui serangkaian tes lainnya seperti psikotes, background check, wawancara kompetensi, pantuhir, dan medical examination. Di sela-sela tes, para peserta akan mengenal satu sama lain. Banyak pengalaman dan cerita seru, ada yang datang jauh-jauh dari Jogja, Bogor, hingga daerah-daerah lain di Indonesia.

Sebagian ada yang berhasil lolos, tapi sebagian lainnya harus mencoba lagi di lain kesempatan. Beberapa peserta yang berhasil lolos mengaku sangat senang dengan materi yang disediakan pihak Garuda Indonesia Training Center (GITC). Seperti yang dituturkan Nuke Maura Delamonte, “Di kelas Social Grade kita diajarkan tentang sopan santun, tata krama, cara berjalan, hingga cara duduk.”

(3) 8 Mar.jpg

Kesan yang tak jauh berbeda juga disampaikan oleh Corry Maulidya Natalwijaya. Menurutnya, “pada saat pelatihan Safety Emergency Procedure, kita harus benar-benar paham dan tau semua tentang keamanan dan keselamatan di pesawat.” Di sinilah peran seorang Pramugari sangat dibutuhkan, karena selain keuntungan, pekerjaannya pun beresiko. Tapi hikmahnya, Anda bisa jadi pribadi yang mandiri dan lebih berani.

Sebenarnya untuk dapat menjadi Pramugari di maskapai penerbangan terbaik di Indonesia ada tipsnya:

  1. Percaya diri

Anda tak perlu takut saat lawan Anda lebih daripada Anda. Karena bukan hanya tampilan luar yang dinilai saat melamar menjadi Pramugari, tapi kepercayaan diri yang kuat. Percaya diri ini juga bisa Anda lakukan saat mengerjakan soal-soal tes, cukup andalkan diri sendiri dan jangan tengok kanan-kiri.

Tipsnya: saat memasuki ruang tes, usahakan senyum, sapa, dan jangan gugup.

  1. Jujur

Akan banyak pertanyaan yang disampaikan, sebaiknya jawab dengan jujur & jangan berbohong sedikit pun, karena ini akan menjadi penilaian.

  1. Berdoa

Langkah terakhir adalah berdoa. Karena yang bisa merubah segala keputusan dan yang tahu baik buruknya hanya Tuhan.

Teruslah bermimpi serta berusaha, karena Gina Sucihati pun lolos menjadi Pramugari Garuda Indonesia karena mimpinya yang ingin membahagiakan orang tua. Ia ingin menaikkan haji kedua orang tuanya dan ingin berguna bagi banyak orang.

Punya mimpi seperti Nuke, Corry, dan Gina? Wujudkan sekarang juga!

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

2 replies on “Simak Tahapan Sukses Pramugari Garuda Indonesia

  1. Sangat menginspirasi sekali dan semoga saya bisa bergabung di garuda indonesia dan dapat mengikuti jejak kesuksesannya:)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s