Tidak sedikit diantara kita sering mengeluh gaji yang didapat cepat habisnya. Bahkan yang memiliki gaji pas-pasan sering kali menjadi alasan betapa sulitnya menabung. Memiliki gaji yang pas-pasan kerap kali membuat kita kesulitan untuk memprioritaskan kebutuhan dan mengatur finansial.

Sebenarnya ini bukan masalah besar atau sedikitnya gaji yang diterima tetapi bagaimana cara kita kelola gaji tersebut. Biasanya, hal ini disebabkan oleh tingginya gaya hidup. Mengelola gaji bukanlah hal yang sulit dilakukan, asalkan Anda fokus kepada apa yang diprioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan dan kesulitan dalam mengaturnya, berikut ini ada beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan.

  • Atur anggaran pengeluaran
    Atur anggaran pengeluaran.jpeg
    Bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan, hal pertama yang wajib dilakukan yaitu mengatur anggaran pengeluaran. Anda harus mendata dan buat rincian apa saja yang dibutuhkan dalam sebulan ini sebelum gaji turun. Rancang anggaran pengeluaran ini dengan tepat, seperti kebutuhan pokok tiap bulannya dan membayar cicilan atau hutang. Usahakan sebisa mungkin hindari membeli sesuatu yang tidak begitu penting, sebab itu salah satu faktor dalam pemborosan.
  • Konsisten dengan nominal yang ditabung tiap bulannya
    Konsisten dengan nominal yang ditabung tiap bulannya
    Selain itu, Anda harus menyisihkan setidaknya 30% dari gaji yang diterima tiap bulannya. Perlu diingat saat menabung, Anda harus kosisten dengan nominal yang dikeluarkan untuk menabung tiap bulannya. Memang terdengar seperti memaksakan, namun kalau tidak begini, Anda akan boros dalam menggunakan gaji yang diterima tiap bulannya.
  • Atur gaji dengan Salary Benchmark
    Salary Benchmark.PNG
    Jika Anda sering kehabisan uang sebelum saatnya, coba atur gaji Anda dengan salary benchmark. Karir.com meluncurkan fitur ini untuk memudahkan Anda dalam mengatur gaji. Caranya, klik https://www.karir.com/salary, kemudian pilih ‘Mengatur Gaji’, lalu masukan anggaran yang biasa Anda lakukan tiap bulannya di ‘Pengeluaran Bulanan Anda’, terus klik ‘Hitung Sekarang’.
    Ketika sudah dilakukan, salary benchmark akan menghitung berapa biaya ideal yang seharusnya Anda keluarkan tiap bulannya.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s