Kebiasaan dan kecintaan akan membaca buku di Negeri ini memang masih kurang jika dibandingkan dengan beberapa negara lainnya. Padahal sebenarnya membaca memiliki keuntungan yang sangat banyak.

Sedari awal memasuki bangku sekolah kita diwajibkan untuk rajin membaca buku, karena manfaat jangka panjangnya. Salah satunya ketika sudah bekerja, membaca dapat memperluas relasi juga rezeki. Mengapa demikian? Semakin banyak wawasan yang Anda tahu, maka semakin banyak pula bahan pembicaraan yang Anda sampaikan.

Melalui buku, pengalaman dan pengetahuan bisa Anda dapatkan sekaligus. Pernahkah Anda merasa terkagum-kagum dan menjadi lebih semangat karena buku motivasi? Hal ini dikarenakan buku bisa melatih imajinasi alam bawah sadar, memacu tujuan hidup, memperluas pemikiran, serta beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini:

  1. Lebih fokus dan mudah konsentrasi

Lebih fokus dan mudah konsentrasi.jpegDengan membaca, secara tidak langsung kita mengurangi resiko kebodohan. Karena saat membaca, Anda akan menemukan informasi-informasi yang tidak akan didapatkan oleh orang yang tidak gemar membaca. Hal ini tentunya juga memengaruhi tingkat konsentrasi dan membuat Anda lebih fokus dalam melihat dan memahami sesuatu.

  1. Menghilangkan gejala insomnia

Menghilangkan gejala insomnia.jpegBanyak yang kesulitan mencari cara untuk menghilangkan gejala insomnia. Padahal gejala insomnia (kesulitan tidur di malam hari) bisa dihilangkan dengan membaca. Saat mata sudah lelah membaca, Anda akan tertidur dengan sendirinya. Insomnia bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, selain dapat meningkatkan resiko kematian, penurunan konsentrasi, juga dapat membuat Anda menjadi sosok yang pelupa.

  1. Meningkatkan percaya diri

Meningkatkan percaya diriSaat Anda memiliki banyak wawasan, Anda takkan khawatir lagi ketika harus bercerita atau menjelaskan tentang pekerjaan yang Anda kerjakan di depan banyak orang. Hal ini tidak hanya terjadi pada pribadi extrovert, tapi juga introvert. Betapa menyenangkan ketika tidak lagi takut berbicara karena perbendaharaan kata dan wawasan yang semakin luas. Ada kepuasan tersendiri jika apa yang Anda tulis dan Anda sampaikan bisa bermanfaat bagi orang lain, bukan?

  1. Memiliki analisis yang kuat

Memiliki analisis yang kuat.jpegSemakin paham akan isi suatu bacaan, Anda akan merasa lebih kritis & kemampuan dalam menganalisa sesuatu hal meningkat dari biasanya. Kebanyakan orang yang tidak percaya diri dalam menyampaikan pendapat disebabkan jarang membaca karena merasa apa yang disampaikan tidak bersinggungan dengan topik yang dibicarakan. Sebaliknya, dengan sering membaca tanpa disadari Anda akan lebih berani mengemukakan pendapat, dalam rapat penting sekalipun.

  1. Meningkatkan kreativitas

Meningkatkan kreativitasSemakin banyak perbendaharaan kata yang dikuasai, semakin kreatif juga Anda. Kreativitas seorang yang gemar membaca tidak hanya dirasakan dalam bentuk tulisan, tapi juga berdasarkan keputusan yang dibuat.

Selamat menemukan jendela dunia dari buku yang Anda sukaiā€¦

Posted by:Aulia Rahmi

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s