Bagi mahasiswa, momen magang sudah menjadi bagian dari syarat kelulusan. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan perusahaan yang memiliki kesempatan besar untuk diangkat sebagai karyawan. Selama magang, Anda akan mengenal kebiasaan dan kehidupan dunia kerja secara profesional sebelum nantinya terjun langsung setelah lulus.

Ketika Anda sudah mendapatkan atau mulai magang di sebuah perusahaan, ini lah saatnya menunjukan kemampuan terbaik.  Hingga akhirnya Anda memiliki peluang untuk diminta pihak perusahaan bekerja di sana usai menamatkan pendidikanmu. Memang, untuk mengubah status dari anak magang menjadi karyawan memang tidak mudah.

Anda harus menyadari bahwa magang bukan hanya belajar, tetapi Anda sudah masuk dimana tahap bekerja sebagai profesional. Buat Anda yang ingin mengubah dari status magang menjadi karyawan di tempat magangmu yang sekarang, bisa terapkan hal berikut ini.

  • Datang tepat waktu

Datang tepat waktu

Bukan hanya berlaku untuk karyawan, tetapi untuk Anda yang sedang magang juga diharuskan datang tepat waktu. Usahakan datang minimal 30 menit sebelum jam kerja dimulai. Dengan Anda datang lebih awal, akan membuat kesan baik dimata atasan Anda dan bahkan HRD. Datang tepat waktu juga merupakan salah satu wujud dari pribadi yang disiplin, menghargai waktu dan merupakan tanda keseriusan Anda untuk belajar dan bekerja secara profesional.

  • Berpakaian yang rapi juga menjadi nilai tambah

Berpakaian yang rapi juga menjadi nilai tambah

Jika selama di kampus Anda memiliki penampilan yang apa adanya, celana sobek-sobek, pakai kaus, sandal jepit dan terkesan berantakan. Maka, ketika Anda sudah magang, ubah penampilan itu menjadi lebih rapi. Berpakaian rapi bukan berarti Anda harus berpakaian yang bermerek dan mahal, tetapi berpakailah layaknya pakaian untuk bekerja. Sebab, kesan pertama dalam bekerja merupakan hal penting apakah Anda sosok yang profesional atau tidak.

  • Aktif

Aktif

Menjadi seorang yang aktif dan menunjukan antusiasmu dalam bekerja bisa menjadi nilai tambah yang bisa menguntungkan diri Anda. Di sini, Anda menunjukan bahwa memiliki ketertarikan dengan pekerjaan yang diberikan. Anda juga jangan hanya menunggu disuruh, tetapi Anda harus berinisiatif untuk bertanya jika mengalami kesulitan. Terimalah dan kerjakan tugas apapun yang diberikan kepadamu, jangan pernah mengeluh selama tugas-tugas tersebut masih ada kesinambungan dengan yang kamu pelajari di kampus. Sebab di sini posisi Anda sedang belajar dunia profesionalitas, jadi tidak ada salahnya melakukan apa yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

  • Jaga hubungan baik dengan atasan

Jaga hubungan baik dengan atasan

Memiliki hubungan yang baik dengan atasan bisa memberi peluang besar untuk Anda mengubah status dari magang menjadi karyawan. Sebab, atasan Anda langsung yang dapat menilai dan mengetahui akan performa selama magang dan menjadi pembimbing di kantor.

  • Jalin komunikasi dengan teman kerjamu

Jalin komunikasi dengan teman kerjamu

Selain memiliki hubungan baik dengan atasan, Anda juga harus menjalin hubungan serta komunikasi dengan teman-teman kerjamu selama magang. Menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan bisa menambah wawasan dan hal-hal mengenai profesionalitas kerja. Jika sudah memiliki hubungan yang baik dengan teman kerja, jangan sampai Anda tidak bisa mengontrol diri. Perlu diingat bahwa Anda disini dengan posisi sedang belajar dan bekerja. Jadi, Anda dituntut untuk bersikap profesional dan jangan sampai merusak reputasi.

Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s