Gugup saat wawancara kerja merupakan suatu hal yang wajar terjadi kepada career seeker terlebih untuk fresh graduate yang baru pertama kali menghadapi wawancara kerja. Anda pasti sangat memahami betapa gugupnya ketika hari wawancara kerja itu tiba. Bagaimana tidak gugup, di sini Anda akan berhadapan langsung dengan seseorang yang baru ditemui dan memiliki peran pending dalam karir Anda yang akan datang. Untuk mensiasati rasa gugup, Anda bisa lakukan beberapa hal berikut ini sebelum mendatangi wawancara kerja.

  • Datanglah lebih awal dari jam yang di jadwalkan
    Datanglah lebih awal dari jam yang di jadwalkan
    Terkadang datang di waktu yang cepat saat wawancara kerja lebih baik daripada datang di waktu yang tepat. Usahakan untuk datang lebih awal, setidaknya 30 menit sebelum waktu wawancara kerja dimulai. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menenangkan diri, mengambil nafas, tidak terburu-buru, dan bisa merapikan pakaian. Datang lebih awal juga bisa menandakan bahwa Anda sudah menghargai waktu pewawancara yakni HR di perusahaan tersebut, serius akan keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut dan pastinya bersikap profesional dalam tata cara wawancara kerja.
  • Cari tau informasi mengenai perusahaan tersebut
    Cari tau informasi mengenai perusahaan tersebut
    Bagi career seekers, usahakan untuk mencari tau informasi mengenai perusahaan yang didatangi saat wawancara kerja terlebih dahulu. Sebab, pewawancara atau HR perusahaan akan memberikan perhatian yang lebih besar pada kandidat yang tahu banyak tentang profil perusahaan. Anda bisa menemukan informasi lengkap dengan membuka website perusahaan tersebut.
  • Latih cara berbicara dan tetap lakukan kontak mata
    Business agreement handshake at coffee shop
    Sebelum hari wawancara kerja tiba, ada baiknya Anda melakukan latihan cara bagaimana menghadapi wawancara yang baik. Anda bisa minta bantuan kepada teman terdekat atau keluarga dalam melatih wawancara. Lakukan dengan serius sehingga Anda dapat merasakan susana wawancara kerja. Dan jangan lupa pentingnya menggunakan kosa kata atau berbahasa yang sesuai dengan konteksnya. Dengan begini, Anda akan memberikan kesan yang profesional. Selain itu lakukan kontak mata juga merupakan aspek yang sangat penting ketika Anda sedang berhadapan atau melakukan interaksi dengan orang lain, terlebih di dunia kerja yakni saat wawancara kerja. Sebab dengan melakukan kontak mata, Anda sudah menghargai, percaya diri dan serius dalam menghadapi wawancara tersebut.
  • Ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan pada diri Anda, serta temukan solusinya
    Ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan pada diri Anda, serta temukan solusinya
    Ketika interview kerja, Anda akan menemukan pertanyaan “Apa kekurangan dan kelebihan Anda?”. Memang, pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sulit dijawab. Anda akan merasa serba salah saat menjawab pertanyaan ini. Ketika Anda menjelaskan kelebihan, takut akan dikira Anda sombong atau terlalu percaya diri. Dan ketika menjelaskan kekurangan, Anda khawatir akan dinilai kurang oleh perusahaan. Dengan begini, Anda harus menceritakan apa adanya yang merupakan kelebihan, dan temukan solusi dari kekurangan diri Anda.
Posted by:Fauziah Sabtuanisa

Content Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s