“Bisnis Home Credit Indonesia akan terus berkembang, sehingga saya memiliki kesempatan dan pengalaman di bisnis Pembiayaan. Bekerja di sini adalah tentang bagaimana saya berkontribusi pada bisnis, dan bagaimana bisnis ini mendewasakan saya,” kata Billy, salah satu LDP trainee yang bergabung dengan Home Credit Indonesia (HCI).

Bergabung dengan Home Credit Indonesia sejak Januari 2016, Billy mengatakan bahwa sejak pertama kali bergabung, ia sudah dipercaya menangani beberapa proyek sekaligus dalam satu periode. “Kami, para LDP trainee, harus mampu meng-handle proyek-proyek tersebut dengan baik. Kami bekerja sama dengan orang lain di Fungsi atau Departemen yang berbeda. Selain itu, kami juga dibimbing oleh para senior yang tentu saja meningkatkan hard skill dan soft skill kami,” katanya.

LDP (Leadership Development Program) merupakan program Management Trainee yang dikembangkan HCI bagi fresh graduates. Keunikan dari LDP adalah; para trainee akan dirotasi ke lima fungsi yang berbeda saat masa kerja satu tahun pertama, yaitu Operations, Sales, Customer Experience, CRM dan Risk.

“Fungsi Sales menangani banyak hal. Dari negosiasi dengan mitra untuk mendapatkan Point of Sales (POS) yang baru, membangun relasi dan kerja sama dengan Sales Agent, menyusun rencana anggaran, mempelajari tren dan menyusun strategi yang sesuai dengan pasar. Di Fungsi Operasi, kami menangani aktivitas operasional sehari-hari, seperti menerima panggilan masuk, menerima pengajuan aplikasi pelanggan, memeriksa dokumen, mendampingi kebutuhan pelanggan, hingga menangani pembayaran. Di Fungsi Risk, kami mendampingi pelanggan melalui sistem kami yang komprehensif, memastikan pelanggan dapat memenuhi cicilan tepat waktu, mengestimasi kategori risiko, memprediksi dan menganalisa kemungkinan terjadinya fraud, menangani pembayaran cicilan yang terlambat, dan lain-lain,” jelas Billy.

Ia menambahkan bahwa proses rotasi ini memberinya pelajaran tentang bagaimana masing-masing Fungsi berkontribusi pada bisnis perusahaan secara keseluruhan, apa dampak jika salah satu Fungsi tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, dan bagaimana salah satu Fungsi membutuhkan dukungan Fungsi yang lainnya.

“Saat masa rotasi inilah kami memahami the big picture dari bisnis Home Credit Indonesia, dengan siapa kami harus mendiskusikan sebuah hal, dan semakin banyak kami bertemu orang, rotasi ini mengenalkan kami pada banyak orang,” tambahnya.

Bersamaan dengan masa rotasi ini juga, trainees dibekali berbagai pelatihan untuk meningkatkan leadership skill, presentation skill, project management, problem solving, managerial skill, dan lain-lain. Setiap tiga bulan pada tahun pertama, mereka menjalani beberapa proses assessment. “Jika kami menampilkan kinerja dan perilaku yang baik, kami para trainee berkesempatan untuk dipromosikan menjadi Assistant Manager di tahun kedua. Tak hanya itu, kami diberi keleluasaan memilih Departemen dan Fungsi tempat kami bekerja sesuai minat dan kompetensi kami,” kata Billy.

“Sebagai staf baru, ini sangat merupakan pengalaman yang menantang. Namun jika Anda berhasil menunjukkan progres, semua akan mengapresiasi Anda. Anda harus percaya diri dan jujur, juga harus bisa memimpin dan memotivasi orang lain untuk maju. Saya senang di sini karena masa depan perusahaan yang cerah dan dukungan yang selalu diberikan semua orang.”

Beroperasi sejak tahun 2013, Home Credit Indonesia tahun ini telah menyandang predikat perusahaan pembiayaan nomor satu untuk layanan dan kategori consumer durables (barang-barang konsumen tahan lama) di Indonesia. Dalam empat tahun beroperasi, layanan Home Credit berkembang pesat tak hanya di Jabodetabek, tetapi juga di kota-kota besar di seluruh Indonesia, seperti Bandung, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Manado, Balikpapan, Lampung, Samarinda, Padang dan Mataram.

Dengan jumlah karyawan 7.000 orang (data per Agustus 2017), Home Credit Indonesia saat ini kembali mencari lulusan-lulusan baru untuk mengikuti Leadership Development Program (LDP)Tertarik berkarir seperti Billy, daftar sekarang di karir.com/homecredit.

Baca juga:

Hadiri! Walk-in Interview Home Credit Indonesia di Yogyakarta

Soffi: Harus Terbiasa Multitasking dan Fokus pada Detail

Shinta, LDP Trainee yang Dikirim ke Ceko Mewakili Indonesia

Perusahaan Fintech Multinasional Mencari Calon-calon LDP Trainee

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s