Lengkap dengan fitur ORVI (Online Recorded Video Interview) dan Tes Logika Dasar (TLD), Karir.com memperkenalkan ERIKA (e-Recruitment Powered by Karir.com), yakni sistem rekrutmen online yang dihadirkan untuk memudahkan HR dari proses sourcing, seleksi, perekrutan, hiring, hingga on-boarding.

Kini Anda tidak perlu lagi mengerjakan tugas-tugas administratif secara manual, dan bisa memanfaatkan lebih banyak waktu untuk terlibat dalam peran yang lebih strategis demi mendukung perkembangan bisnis perusahaan Anda.

Fitur ERIKA dirancang sangat user-friendly, sehingga siapapun dapat menggunakannya. Sistem cloud-based membuat Anda bisa mengaksesnya kapan saja, di mana saja.

Berikut fitur-fitur andalan ERIKA :

Corporate Career Page

Dengan berlangganan ERIKA, Anda akan mendapatkan dedicated page untuk perusahaan dengan desain yang intuitif dan user-interface yang mudah dipahami.

Anda pun dapat mengkostumisasi alamat laman perusahaan Anda. Sebagai contoh, jika nama perusahaan Anda adalah PT Extraordinary, maka Anda dapat menamai laman perusahaan Anda dengan alamat extraordinary.karir.com

Di laman ini terdapat deskripsi perusahaan dan lowongan apa saja yang sedang tersedia di perusahaan Anda.

 

Candidate Application Tracking System (CATS)

Anda dapat melakukan tracking dan mengelola data para pelamar saat proses rekrutmen dengan sangat mudah dan hemat waktu.

 

CV Parsing

Jika ada kandidat yang melamar melalui sumber selain Karir.com, Anda dapat mengunggah CV kandidat secara otomatis dengan fitur CV Parsing. Anda tidak perlu memasukkan data atau mengetikkan apapun, hanya mengunggah dokumen berformat PDF.

 

Tes Logika Dasar (TLD)

Bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya (UAJ), Tes Logika Dasar (TLD) difiturkan secara online di ERIKA, sehingga kandidat atau staf Anda bisa mengerjakannya kapan saja, di mana saja.

TLD yang dikembangkan Karir.com dan UAJ ini merujuk pada penalaran induktif Johnson-Laird & Bryne (1993) dan Klauer & Phye (2008). Tes ini merupakan instrumen psikologis yang mengidentifikasi aspek intelegensi individu terkait akurasi dan efisiensi kerja, pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah.

Jumlah soal: 36 pertanyaan.

Online Assessment Test

  • Tes Minat. Tes ini bertujuan untuk mendapatkan informasi diagnostik ketertarikan individu pada tipe pekerjaan tertentu. Jumlah soal: 60 pertanyaan.
  • Tes Gaya Komunikasi. Untuk menggali gaya komunikasi individu yang mengacu pada caranya berinteraksi, bekerja dalam tim dan memimpin. Jumlah soal: 22 pertanyaan.
  • Tes Bahasa Inggris. Tes ini dikembangkan oleh Karir.com dan English First, setara TOEFL dan IELTS.

Hasil ketiga tes di atas dapat ditampilkan di laman profil kandidat/staf di Karir.com.

 

ORVI (Online Recorded Video Interview)

Nikmati jadwal wawancara yang sangat fleksibel. ORVI merupakan solusi bagi Anda dan kandidat, karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik dengan laptop/PC atau ponsel pintar.

Anda memiliki kebebasan untuk menentukan pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada kandidat, dan kandidat hanya memiliki satu kali kesempatan untuk menjawab masing-masing pertanyaan. Anda dapat melihat rekaman video berulang-ulang di waktu yang paling nyaman bagi Anda.

Fitur untuk mengundang kandidat untuk mengikuti wawancara video ini juga tersedia dalam sistem ERIKA, beserta tenggat waktu pengumpulannya. Kandidat akan menerima email, juga notifikasi ketika masuk (log in) ke laman Karir.com.

 

Employee On-boarding System

Proses hiring menjadi semakin mudah karena Anda dapat menambahkan data secara otomatis ke dalam employee database.

Keuntungan menggunakan fitur ini:

  • Paperless. Anda tidak perlu lagi menyimpan berkas-berkas yang memenuhi ruangan dan mudah hilang.
  • Cloud storage. Data tersimpan di cloud, sehingga dapat diakses kapan saja, di mana saja.
  • Menggunakan SSL Certificate Encryption & Authentication sehingga data Anda aman
  • Data ter-backup dan terenkripsi

Event/Calendar Management

Anda dapat mengatur semua jadwal, termasuk deadline ORVI para kandidat yang otomatis masuk dalam Event/Calendar, jadwal wawancara lanjutan, hingga ulang tahun staf.

 

Report

Segala aktivitas dari sourcing hingga hiring akan terekam dan dihitung secara otomatis oleh sistem ERIKA. Anda dapat mengunduh semua data dalam format Excel.

 

Baca juga:

HR Tak Perlu Lagi Simpan Hard Copy, Kini Ada ERIKA

70% Kandidat Tidak Datang Wawancara? ORVI Solusinya

Hanya Enam Menit untuk Satu Kandidat, Hemat Delapan Jam untuk 20 Kandidat!

 

Nah, jika Anda tertarik menggunakan ERIKA, silakan mengisi form berikut: www.karir.com/employers/erika

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Tim Client Care kami melalui email cc@karir.com atau telepon 021-29305891.

Posted by:Cindy Nara

Head of Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s